.
AKHIR2 INI GENCAR FAHAM WAHABI BERSIKAP keras kepalamenolak status Sufi dan pentingnya ilmu pengetahuan Islam yang disebut Tassawuf. Dalam proses PEN0LAKAN MEREKA ini, mereka mencoba untuk MENGELUARKAN tokoh-tokoh SUFI Islam dari CAKUPAN Islam, namun mari kita lihat bagaimana ulama SYARIAT terkemuka menerima validitas Tassawuf SEBAGAI BAGIAN daRI Islam.
Para Sufi seperti Fudhayl bin Iyaadh (rH) BELIAU adalah diantara Rijaal DARI semua KITAB hadis YANG utama dan mereka secara bulat MENYepakati BELIAU SEBAGAI "TsIQAH (DIANDALKAN)" "SUDUQ (jujur)" "THIQAH Thabit (DIANDALKAN DAN DI TETAPKAN)" Saleh (BENAR) "dll ..maka ilmu hadis DAN RIWAYAT HADIS itu sendiri BISA SAMpai KEPADA kita melalui PARA Sufi terkemuka.
1. Imam Al Baihaqi (raHU)meriwayatkan SANAD hadis dAN memuji sufi DI SELA2 SANAD TERSEBUT dalam karya hadits nya Shu'ab ul Iman,DI dalam satu hadits ia menyebutkan rantai periwayat;
ﺍﺑﻮ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺃﺧﺒﺮﻧﻲ ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺍﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺩﺍﻭﺩ ﺑﻦ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺷﻴﺦ ﻋﺼﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ﺣﺪﺛﻨﻲ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ
Terjemahan: Diriwayatkan DARI Abu Abdullah al-Hafidh,BELIAU mendengar dari Abu Bakar Muhammad bin Sulaiman bin Dawud "Sheikh TASSAWUF DI MASANYA",BELIAU mendengar dari Ali bin Muhammad bin Khalid ... [Shu'ab ul Imaan, JUZ 3, HADIST No 170 Halaman # 3251]
LIHAT PUJIAN Imam al Dhahabi (raHU),BELIAU mengatakan TENTANG Muhadith SUFI INI:
ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺮﺑﺎﻧﻲ ﺍﻟﻌﺎﺑﺪ, ﺷﻴﺦ ﺍﻟﺼﻮﻓﻴﺔ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ, ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺩﺍﻭﺩ ﺑﻦ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺍﻟﻨﻴﺴﺎﺑﻮﺭﻱ ﺍﻟﺰﺍﻫﺪ ...
ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻔﺘﺢ ﺍﻟﻘﻮﺍﺱ: ﺳﻤﻌﺖ ﻣﻨﻪ, ﻭﻛﺎﻥ ﻳﻘﺎﻝ: ﺇﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﻷﻭﻟﻴﺎﺀ ﻭﺳﺌﻞ ﺍﻟﺪﺍﺭﻗﻄﻨﻲ ﻋﻨﻪ, ﻓﻘﺎﻝ: ﻓﺎﺿﻞ ﺛﻘﺔ ﺃﺭﺧﻪ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ, ﻭﻗﺎﻝ: ﺷﻴﺦ ﻋﺼﺮﻩ ﻫﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ,
Terjemahan: BELIAU ADALAH Imam ROBBANI ALHafidh. SEORANG yang taat.,SEORANG Sheikh Sufi "Abu Bakar Muhammad bin Dawud bin Sulaiman al-Naysaburi" YANG Zahid..., Imam Abu Fatah mengatakan: BELIAU adalah TERMASUK DI antara Awliya", ... Imam DarQutni ditanya tentang BELIAU dan ia bilang : BELIAU adalah "ORANG YG UTAMA DAN TSIQAH" ...Imam Hakim juga meriwayatkan dari padanya dan berkata: Dia adalah syekh Tasawwuf di zamannya [Siyar a'lam al Nubala JUZ 12/83]
* LIHAT BAGAIMANA PARA IMAM DGN LUGAS MENYEBUT SUFI DAN TASAWUF ADALAH UTAMA.
2 .Imam al-Dhahabi (raHU)memperkenalkan Muhadith SUFI besar LAINNYA seperti DALAM PERKATAANNYA:
ﻟﺼﻮﻓﻲ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺍﻟﺜﻘﺔ ﺍ
ﺍﻟﻤﻌﻤﺮ ﺃﺑﻮ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ, ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ
ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺠﺒﺎﺭ ﺑﻦ ﺭﺍﺷﺪ
ﺍﻟﺒﻐﺪﺍﺩﻱ, ﺍﻟﺼﻮﻓﻲ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ
Terjemahan:.. IA ADALAH syekh sufi, Muhadith YANG benar 'Abu Abdullah Ahmad bin Hassan bin Abdul Jabbar bin Rasyid Al Baghdadi " SEORANG SUFI BESAR" [As- Siyaar a'lam al-Nubala, JUZ 17/ 211]
Syeikh Abdul Qadir al-Jilani (Rahimuhullah) YANG MERUPAKAN ulama yang sangat dihormati oleh semua pemikir Muslim. Syeikh Abdul Qadir al Jilani (Rahimuhullah) dalam KITAB Al-Ghuniya tut Talibeen,BELIAU MENJELASKAN "Tassawuf" dan SANGAT memuji sufi, ia juga menganjurkan ORANG2 untuk mengikuti jalan mereka,DAN BELIAU sendiri (adalah SEORANG Sufi terbesar yang dikenal umat muslim)
3 Syeikh Abdul Qadir al Jilani (Rahimuhullah) Pada awal BAGIAN 5 pada Halaman 449: Para Fuqara Jujur adalah orang- orang yang berjalan di jalan sufi, Mereka membersihkn diri dari keinginan jahat. Mereka ADALAH DI antara WALI Abdaal dan Awliya ... [Al-Ghuniya Tut Talibi Fi Tariq al Haqq,No 449 ]
4. Imam Abdur Rahman Ibnu Khaldun (Rahimuhullah) DALAM KITAB MuqadImaHNYA,BE LIAU MENempatkan TENTANG TASAWUF di peringkat atas, ia menulis dalam MuqadImaHnya, No 381 [CET Dar ul Kutab al ILmiyyah,Beirut ,Lebanon.]
ﻋﻠﻢ ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻠﻮﻡ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ ﺍﻟﺤﺎﺩﺛﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻠﺔ ﻭﺃﺻﻠﻪ ﺃﻥ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﻫﺆﻻﺀ ﺍﻟﻘﻮﻡ ﻟﻢ ﺗﺰﻝ ﻋﻨﺪ ﺳﻠﻒ ﺍﻷﻣﺔ ﻭﻛﺒﺎﺭﻫﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻭﺍﻟﺘﺎﺑﻌﻴﻦ ﻭﻣﻦ ﺑﻌﺪﻫﻢ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺍﻟﻬﺪﺍﻳﺔ ﻭﺍﺻﻠﻬﺎ ﺍﻟﻌﻜﻮﻑ ﻋﻠﻰ
ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻭﺍﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺍﻹﻋﺮﺍﺽ ﻋﻦ ﺯﺧﺮﻑ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺯﻳﻨﺘﻬﺎ ﻭﺍﻟﺰﻫﺪ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻘﺒﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﻣﻦ ﻟﺬﺓ ﻭﻣﺎﻝ ﻭﺟﺎﻩ ﻭﺍﻻﻧﻔﺮﺍﺩ ﻋﻦ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻟﻠﻌﺒﺎﺩﺓ ﻭﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻋﺎﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻭﺍﻟﺴﻠﻒ ﻓﻠﻤﺎ ﻓﺸﺎ ﺍﻹﻗﺒﺎﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺮﻥ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻭﻣﺎ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﺟﻨﺢ ﺍﻟﻨﺎﺱ
ﻑ ﺇﻟﻰ ﻣﺨﺎﻟﻄﺔ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﺍﺧﺘﺺ
ﺍﻟﻤﻘﺒﻠﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﺑﺎﺳﻢ
ﺍﻟﺼﻮﻓﻴﺔ ﻭﺍﻟﻤﺘﺼﻮﻓﻴﺔ
Terjemahan: Pengetahuan Tassawuf adalah cabang dari ilmu-ilmu syariah yang berasal DARI UmmaT PERTAMA, jalan mereka adalah jalan kebenaran (haqq) dan bimbingan (HidayaH) yang diadopsi oleh ULAMA2 awal yang MULIA (salaf), DARI GOLONGAN SahabaT (Ridhwan Allahu Ajmain) DAN pengikut mereka DARI (Tabi'een) dan mereka yang datang setelahNYA. dasar TASAWUF adaLAH aplikasi HANYA UTK ibadah, pengabdian penuh kepada Allah, keengganan DARI kemegahan dunia, berpantang dari kesenangan, properti posisi, dan MENJAUH dari dunia dalam keheningan untuk ibadah KEPADA ilahi. Ini adalah JALAN Sahabat dan SALaf, namun ketika aspirasi duniawi meningkat pada abad kedua dan setelahNYA, MAKA kemudian MEREKA dikenal sebagai SufiyaH atau Orang-orang Tassawuf.
5. Imam al-Hafidh Abu Nuaym Isfihani (Rahimuhullah)menyebutkan tepat di MuqadImaH KITAB Hadis Hiliya tul Awliya (JUZ 1)
ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ: ﺃﺣﺴﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻮﻓﻴﻘﻚ ﻓﻘﺪ
ﺍﺳﺘﻌﻨﺖ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻭﺃﺟﺒﺘﻚ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺍﺑﺘﻐﻴﺖ, ﻣﻦ ﺟﻤﻊ ﻛﺘﺎﺏ ﻳﺘﻀﻤﻦ ﺃﺳﺎﻣﻲ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻭﺑﻌﺾ ﺃﺣﺎﺩﻳﺜﻬﻢ ﻭﻛﻼﻣﻬﻢ, ﻣﻦ ﺃﻋﻼﻡ ﺍﻟﻤﺘﺤﻘﻘﻴﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺘﺼﻮﻓﺔ ﻭﺃﺋﻤﺘﻬﻢ, ﻭﺗﺮﺗﻴﺐ ﻃﺒﻘﺎﺗﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺎﻙ ﻭﻣﺤﺠﺘﻬﻢ, ﻣﻦ ﻗﺮﻥ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻭﺍﻟﺘﺎﺑﻌﻴﻦ ﻭﺗﺎﺑﻌﻴﻬﻢ
ﻭﻣﻦ ﺑﻌﺪﻫﻢ, ﻣﻦ ﻋﺮﻑ ﺍﻷﺩﻟﺔ
ﻭﺍﻟﺤﻘﺎﺋﻖ
Terjemahan: Ama Ba'd:Semoga Allah memberikan TAUFIQ KEPADA ENGKAU, saya meminta bantuan dari Allah dALAM menulis KITAB ini,SEBAGAIMANA PERMINTAAN KALIAN,Penyusunan KITAB ini berkaitan dengan ucapan dan kondisi dari kelompok ORANG terkemuka,Kelompok ini ADALAH PARA IMAM2 DARI KAUM Sufi, KEAGUNGAN DAN JALAN mereka akan disebutkan dalam urutan MASING2 Tabaqat, mulai dari era Sahabat, Tabiyeen dan kemudian mereka yang mengikutiNYA. MEREKA Inilah orang-orang yang mengenal DALIL dan realitas (HAQIQAT).
Catatan: Hadis pertama yang DI riwayatkan al-Hafidh ABU NUAIM adalah Hadis Qudsi YANG INDAH,YAITU: Barang siapa MEMBENCI terhadap seorang DARI WALI2-KU (yaitu Wali Allah) Aku MENYATAKAN perang kepadanya [Juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam SahihNYA: JUZ 8/131)
6. Imam al-Hafidh al-Baihaqi dalam Shu'ayb ul Iman JUZ 6, No 356 Hadis No 8501
ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺃﺑﻮ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺇﺳﺤﺎﻕ
ﻗﺎﻝ ﺣﻀﺮﺕ ﻣﺠﻠﺲ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﺳﻤﻌﻮﻥ ﻓﺴﺄﻟﻪ ﺭﺟﻞ ﻋﻦ ﺍﻟﺘﺼﻮﻑ ﻣﺎ ﻫﻮ ﻗﺎﻝ ﺇﻥ ﻟﻪ ﺍﺳﻤﺎ ﻭﺣﻘﻴﻘﺔ ﻓﻌﻦ ﺃﻳﻬﻤﺎ ﺗﺴﺄﻝ ﻓﻘﺎﻝ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﺟﻤﻴﻌﺎ ﻓﻘﺎﻝ ﺃﻣﺎ ﺍﺳﻤﻪ ﻓﻨﺴﻴﺎﻥ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻧﺴﻴﺎﻥ ﺃﻫﻠﻬﺎ ﻭﺃﻣﺎ ﺣﻘﻴﻘﺘﻪ ﻓﺎﻟﻤﺪﺍﺭﺍﺓ ﻣﻊ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﺍﺣﺘﻤﺎﻝ ﺍﻷﺫﻯ ﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﺤﻖ
Terjemahan: Diriwayatkan oleh Abu Ishaq bin Abi Zakriyyah yang mengatakan bahwa ia pergi ke MAJLIS Abul Hassan bin Samoon (raHU) dimana ADA seseorang bertanya: ApaKAH Tassawuf ITU?, Ia menjawab: TASAWUF memiliki nama dan HAQIQAT, yang manaKAH YANG ANDA TANYAKAN ? penanya MENJAWAB: Kedua-DUANYA, MAKA Ia menjawab: Nama TASAWUF berarti melupakan dunia dan penghuninya (yaitu mendedikasikan diri hanya kepada Allah), sedangkan HAQIQAT TASAWUF YAitu untuk MEMBIMBING MAHLUK, dan bukan untuk menyakiti mereka dan juga SABAR DARI rasa sakit ATAS SIKAP mereka demi RIDLO Allah.
7. Imam al-Dhahabi BERKATA TENTANG Imam Sufi, Al Qusyairi (rah)
** Sangat Penting SEBAB BYK WAHABI MENJELEKAN IMAM ALQUSAIRY **
.Imam al-Dhahabi (raHU)mengatakan tentang Imam Al Qusyairi (Rahimuhullah):
ﺍﻟﻘﺸﻴﺮﻱ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺰﺍﻫﺪ ﺍﻟﻘﺪﻭﺓ
ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﻋﺒﺪﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺑﻦ
ﻫﻮﺍﺯﻥ ﺑﻦ ﻋﺒﺪﺍﻟﻤﻠﻚ ﺑﻦ ﻃﻠﺤﺔ
ﺍﻟﻘﺸﻴﺮﻱ ﺍﻟﺨﺮﺍﺳﺎﻧﻲ ﺍﻟﻨﻴﺴﺎﺑﻮﺭﻱ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺍﻟﺼﻮﻓﻲ ﺍﻟﻤﻔﺴﺮ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﻭﻟﺪ ﺳﻨﺔ ﺧﻤﺲ ﻭﺳﺒﻌﻴﻦ ﻭﺛﻼﺙ ﻣﺌﺔ
Terjemahan: Al Qusyairi (raHU),ADALAH Imam YANG ZUHUD,PANUTAN UMAT 'Abul Qasim Abdul Kareem bin Hawazin bin Abdul Malik bin Thalhah Al Qusyairi (raHU), DARI Khurasan Naysaburi,MADHAB Syafi'i, SEORANG SUFI DAN MUFASIR" penulis Ar-Risalah, ia lahir TAHUN 375 H [Siyar a'lam Nubala suatu, JUZ 11/487 CET Dar ul Kutb al iLmiyyah, Beirut, Lebanon.]
.
Imam Qusyairi (raHU) menulis RISALAH yang MANA DI disebutkan oleh Imam Dhahabi (rah)
ﻫﺬﻩ ﺭﺳﺎﻟﺔ ﻛﺘﺒﻬﺎ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺑﻦ ﻫﻮﺍﺯﻥ
ﺍﻟﻘﺸﻴﺮﻱ, ﺇﻟﻰ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺍﻟﺼﻮﻓﻴﺔ
ﺑﺒﻠﺪﺍﻥ ﺍﻹﺳﻼﻡ, ﻓﻲ ﺳﻨﺔ ﺳﺒﻊ
ﻭﺛﻼﺛﻴﻦ ﻭﺃﺭﺑﻌﻤﺎﺋﺔ. ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ: ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻜﻢ ﻓﻘﺪ ﺟﻌﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻄﺎﺋﻔﺔ ﺻﻔﻮﺓ ﺃﻭﻟﻴﺎﺋﻪ, ﻭﻓﻀﻠﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺎﻓﺔ ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﻩ, ﺑﻌﺪ ﺭﺳﻠﻪ ﻭﺃﻧﺒﻴﺎﺋﻪ, ﺻﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺳﻼﻣﻪ ﻋﻠﻴﻬﻢ, ﻭﺟﻌﻞ ﻗﻠﻮﺑﻬﻢ ﻣﻌﺎﺩﻥ ﺃﺳﺮﺍﺭﻩ, ﻭﺍﺧﺘﺼﻬﻢ ﻣﻦ ﺑﻴﻦ ﺍﻷﻣﺔ
ﺑﻄﻮﺍﻟﻊ ﺃﻧﻮﺍﺭﻩ .
Terjemahan:. Ini adalah KTB RISALAH yang ditulis oleh seorang ALFaqir ILAAllah 'Abdul Kareem bin Hawazin Al Qusyairi UNTUK kelompok2 Sufi YANG ADA di dunia Islam, tahun penulisan adalah 437 H.
Ama Ba'ad Semoga Allah RIDLO dengan KALIAN, SEM0GA Allah MENGUTAMAKAN DERAJAT YANG TINGGI.,DAN MEMILIH mereka DI atas semua HAMBA SETELAH DRAJAT PARA nabi dan rasul. Rahmat Allah dan RIDONYA atas mereka, semoga Allah tetap memilih hati mereka SEBAGAI TEMPAT MENGUNGKAPKAN rahasia di antara umat-NyA DAN YANG DI HUSUSKAN DGN Nur (bimbingan). [Ar Risalah Al Qushayriya]
8. Dan masih byk lagi pengakuan dan pujian para ulama dan para imam terhadap JALAN DAN ULAMA sufi..
maka sikap menuduh dan menjelekan sufi adalah hal yg berlebihan,kalau tdk bs dikatakan kurang ajar! Sem0ga bermanfaat.
WALLAHU A'LAM.
DiNuqilkan Oleh : Bagus Rangin ~ Kertajati-Majalengka
Agan sedang membaca artikel tentang: PUJIAN PARA IMAM DAN ULAMA ISLAM TERHADAP SUFI DAN TASAWUF. Silakan agan copy dan paste atau sebarluaskan artikel ini jika dinilai bermanfaat,Ane juga menyediakan buku terjemahan kitab yang membantah wahabi: 1. buku "bid'ah mahmudah dan bid'ah idhafiyah antara pendapat yang membolehkan dan yang melarang" terjemah dari kitab: albid'atul mahmudah wal bid'atul idhafiyah bainal mujiziina wal maniin" karya Syaikh abdul fattah Qudais Al Yafi"i, 2.Terjemah kitab ‘At Tabaruk Bi As Sholihin Baina Al Muzijiin wa Al Maani’in: Mencari Keberkahan Kaum Sholihin Antara Pendapat yang Membolehkan dan yang Melarang, hub admin: hp/WA 0857-5966-1085.syukron :
Posting Komentar
Jangan lupa Tulis Saran atau Komentar Anda