News Update :
Home » » Ibnu taemiyah teologi ember

Ibnu taemiyah teologi ember

Penulis : Bagus Rangin on 16 Maret 2012 | 02.24.00


Sayyid Abdullah bin Shadaqah bin Zaini Dahlan
Kemenakan Sayyidi Ahmad Zaini Dahlan Dan Sayyidi Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi.

  Dalam kutipan berikut ini dari salah satu kitab Ibnu Taimiyah,sebagai klarifikasi lanjutan dari keyakinan anthropomorphist, dalam pemahamannya tentang sebuah ĥadiitħ yang diriwayatkan oleh At-Tirmidħiyy.  ĥadiitħ Ini jika di maknai harfiah terjemahnya: ". Jika salah seorang dari kalian menurunkan ember dengan tali, maka akan jatuh pada Allah"  para ulama hadis tidak mengambil ĥadiitħ ini dgn secara makna harfiah, karena Allah bukan tubuh shgg menjadi sesuatu untuk bertemu,Mereka [muhaddis] mengatakan maknanya bahwa ember itu jatuh dengan pengetahuan Allah. Dalam pemahaman Ibnu Taimiyah itu di pahami secara literal dan antropomorfik.
Pemahaman Ibnu Taimiyah   tentang ĥadiith menurunkan ember:

Ibnu Taimiyah mengatakan dalam Majmuuu-l-Fataawaa [1]:


فإن قوله: {لو أدلي أحدكم بحبل لهبط على الله} إنما هو تقدير مفروض; أي لو وقع الإدلاء لوقع عليه لكنه لا يمكن أن يدلي أحد على الله شيئا; لأنه عال بالذات وإذا أهبط شيء إلى جهة الأرض وقف في المركز ولم يصعد إلى الجهة الأخرى لكن بتقدير فرض الإدلاء يكون ما ذكر من الجزاء (مجموع الفتاوى -. (6/571)


Sesungguhnya pernyataan  (Nabi) : ". Jika salah seorang dari kalian menurunkan ember dengan tali, maka akan jatuh pada Allah" Ini adalah pertimbangan yang mesti, yakni, jika  terjadi menurunkan ember, maka akan jatuh pada-Nya,tetapi Hal ini tidak mungkin bagi siapa pun untuk menurunkan apapun pada Allah, karena dzat-Nya itu tinggi, dan jika ada sesuatu yang diturunkan ke bawah Bumi, maka akan berhenti di pusat bumi, dan tidak akan naik ke arah yang berlawanan ( dari sana).  (6/571)

Dia lebih lanjut menjelaskan tentang konsep "menurunkan tali/ember", dengan mengatakan:


فكذلك ما يهبط من أعلى الأرض إلى أسفلها - وهو المركز - لا يصعد من هناك إلى ذلك الوجه إلا برافع يرفعه يدافع به ما في قوته من الهبوط إلى المركز فإن قدر أن الدافع أقوى كان صاعدا به إلى الفلك من تلك الناحية وصعد به إلى الله وإنما يسمى هبوطا باعتبار ما في أذهان المخاطبين أن ما يحاذي أرجلهم يكون هابطا ويسمى هبوطا .... وهو إنما يكون إدلاء حقيقيا إلى المركز ومن هناك إنما يكون مدا للحبل والدلو لا إدلاء له .... ولكن فائدته بيان الإحاطة والعلو ....والمقصود به بيان إحاطة الخالق سبحانه وتعالى كما بين أنه يقبض السموات ويطوي الأرض ونحو ذلك مما فيه بيان إحاطته بالمخلوقات. (مجموع الفتاوى - 6 / 572-573)

: Demikian juga, apa yang turun dari atas bumi ke bawah, yang merupakan pusat bumi, maka tidak naik dari bawah sana ke arah sebelumnya, kecuali dgn seseorang yang mengangkatnya, yang menolak turunnya tali ke bawah sampai pusat (yaitu tarikan gravitasi.) Jika ada yang mengangkat dgn kuat (dari tarikan gravitasi), maka akan bangkit ke atas menuju falak , dan akan meningkat naik kepada Allah. dan  hal itu disebut menurunkan", Itu hanya dari sudut pandang  pemikiran para pendengar bahwa apa yang searah dengan kaki disebut jatuh .... walau pun itu benar-benar menurun sampai pusat (Bumi), dan yang ada hanya mengulurkan tali dan ember, dan bukan turun yang sebenarnya .....  ada pun faidah dari semua itu adalah menjelaskan meliputi dan tingginya Allah .... Tujuan (dari ĥadiith) adalah untuk menjelaskan bahwa Pencipta (سبحانه وتعالى) meliputi bumi sebagaimana di jelaskan bahwa Dia menggenggam langit dan melipat bumi dan yang sejenisnya, yakni menjelaskan bahwa  Dia meliputi seluruh diciptakan. (6/572-573)
lebih simpel di katakan oleh ibnu taemiyyah  dalam Bayân Tadlîs al jahmiyah,2/225:


… كما في الحديث > لو أدلى أحدكم دلوه لهبط على الله < ومن المعلوم أن إدلاء شيء إلى تلك الناحية ممتنع فهبوط شيء على الله ممتنع فكون الله تحت شيء ممتنع وإنما الغرض بهذا التقدير الممتنع بيان إحاطته من جميع الجهات وهذا توكيد لكونه فوق السموات على العرش لا مناف لذلك .

:“Seprti dalam hadis “andai seorang menjulurkan tali, pasti ia turun atas Allah.” Dan seperti telah diketahui bahwa menjulurkan sesuatu ke sisi itu adalah mustahil, maka turunnya sesuatu kepada Allah juga mustahil. Dan adanya Allah di bawah sesuatu itu juga mustahil. Akan tetapi tujuan dari pengira-ngiraan itu yang mustahil itu adalah penjelasan akan Kemaha meliputinya Allah terhadap segala sisi. Dan ini adalah penguat bahwa Dia di atas langit di atas Arsy, bukan menyalahinya.
Dengan kata lain, menurut Ibnu Taimiyah, Allah adalah fisik yang ada sekitar sesuatu dengan batas-batas fisik, ukuran dan bentuk dengan mengelilingi semua sisi ciptaannya.
Dalam analisis akhir dari ĥadiith ini, Ibnu Taimiyah mengatakan:


وكذلك تأويله بالعلم تأويل ظاهر الفساد من جنس تأويلات الجهمية; بل بتقدير ثبوته يكون دالا على الإحاطة. والإحاطة قد علم أن الله قادر عليها وعلم أنها تكون يوم القيامة بالكتاب والسنة وليس في إثباتها في الجملة ما يخالف العقل ولا الشرع.


: Dan yang mentakwil hadis ini dengan ilmuNya/pengetahuanNya (Yaitu turunnya dengan pengetahuan Allah] itu jelas fasid dan termasuk jenis takwil Jahmiyy . Sebaliknya, berdasarkan asumsi tetapnya ĥadiitħ itu , maka itu menunjukan meliputi Allah dan kita tahu bahwa Allah mampu utk mengelilingi mahlukNya dan di ketahui hal itu pada hari kiamat sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an dan Sunnah. secara umum, dalam menetapkan ĥadiits ini,  tdk bertentangan dengan akal atau syara (6/574)

Dan Pdahal imam tirmidzi mentakwil hadis itu dengan makna Ilmu Allah,ucapan Ibnu taimiyah itu di nuqil kan juga oleh ibnu qoyim dgn taqlid kpd gurunya dalam ktbnya al-Sawa'iq al-Mursalah hal 400: 

( ﻭﺍﻣﺎ ﺗﺄﻭﻳﻞ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻟﻪ ﺑﺎﻟﻌﻠﻢ ﻓﻘﺎﻝ ﺷﻴﺨﻨﺎ: ﻫﻮ ﻇﺎﻫﺮ ﺍﻟﻔﺴﺎﺩ ﻣﻦ ﺟﻨﺲ ﺗﺄﻭﻳﻼﺕ ﺍﻟﺠﻬﻤﻴﺔ ))"

artinya:bahwa ta'wil al Tirmidzi dan selainnya menurut Syaikh kami- bin Taymiyyah: "Ini adalah nyata fasidnya (zahiral fassad) termasuk dari jenis (Ta'wilat) Jahmiyyah ..!!

Penakwilan imam ulama salaf seperti at tirmidzi yg mana di terima dari salaf sblmnya,DI CAP sebagai "TAKWIL JAHMIYAH",..!!Begitu juga orang2 yg itba kpda ibnu taemiyah PADA MASA SEKARANG mengucapkan tuduhan yg sama kepada aswaja sbgmana ibnu taemiyah menuduh at tirmidzi.

Kesimpulan:

Di atas, menunjukkan bahwa Ibnu Taimiyah tidak hanya memiliki kecenderungan anthropomorphist,Dia percaya bahwa Allah adalah jisim dengan bentuk yang mengelilingi sesuatu/alam. Dia menyatakan bahwa Sang Pencipta ada di perbatasan alam.
Mari kita kembali mengingatkan tentang keyakinan Sunni dalam kaitannya dengan keyakinan Ibnu Taimiyah. Seorang ulama terkenal yg bernama Imam Abu Jafar At-Tahawi (.229-321 Hijrah / 828/920 M), juga ada pada era Salaf, Beliau menulis sebuah kitab yang sangat terkenal yang disebut ^ Al-Aqidah At-Tahawiyyah,ia menyebutkan bahwa subjek dari kitabnya itu adalah penjelasan tentang aqidah Ahlus-Sunnah wal-Jammaah, yang juga merupakan aqidah Imam Abu Hanifah (salah seorang ulama empat madhab). Imam Abu Hanifah adalah salah satu mujtahid salaf (80-150 H, 679/749 M). Imam Abu JaFAR At-Tahawi dalam KITABnya Al-^ Aqidah At-Tahawiyyah mengatakan: 


وتعالى عن الحدود والغايات والأركان والأعضاء والأدوات. لا تحويه الجهات الست كسائر المبتدعات. 


Artinya: "MAHA suci Allah dari batas , ujung , sisi , organ dan alat .dan Dia tdk terkandung oleh enam arah sebagaimana semua hal yang diciptakan "Keenam arah adalah (atas, bawah, depan, belakang, kiri dan kanan)..
Keenam arah yang utama itu diciptakan oleh Allah dan hanya berisi hal-hal yang diciptakan dan jika Allah terkandung oleh enam arah utama, maka akan menjadikan-Nya seperti segala sesuatu yang diciptakan, yang secara intelektual itu tidak mungkin, karena Allah Sang Pencipta itu kekal dan tak terbatas, tidak seperti ciptaan yang dibatasi.
===================================================

[1]  قال ابن تيمية: فإن قوله: {لو أدلي أحدكم بحبل لهبط على الله} إنما هو تقدير مفروض; أي لو وقع الإدلاء لوقع عليه لكنه لا يمكن أن يدلي أحد على الله شيئا; لأنه عال بالذات وإذا أهبط شيء إلى جهة الأرض وقف في المركز ولم يصعد إلى الجهة الأخرى لكن بتقدير فرض الإدلاء يكون ما ذكر من الجزاء. فهكذا ما ذكره السائل: إذا قدر أن العبد يقصده من تلك الجهة كان هو سبحانه يسمع كلامه وكان متوجها إليه بقلبه لكن هذا مما تمنع منه الفطرة; لأن قصد الشيء القصد التام ينافي قصد ضده; فكما أن الجهة العليا بالذات تنافي (مجموع الفتاوى - 6 / 571) الجهة السفلى فكذلك قصد الأعلى بالذات ينافي قصده من أسفل وكما أن ما يهبط إلى جوف الأرض يمتنع صعوده إلى تلك الناحية - لأنها عالية - فترد الهابط بعلوها كما أن الجهة العليا من عندنا ترد ما يصعد إليها من الثقيل فلا يصعد الثقيل إلا برافع يرفعه يدافع به ما في قوته من الهبوط فكذلك ما يهبط من أعلى الأرض إلى أسفلها - وهو المركز - لا يصعد من هناك إلى ذلك الوجه إلا برافع يرفعه يدافع به ما في قوته من الهبوط إلى المركز فإن قدر أن الدافع أقوى كان صاعدا به إلى الفلك من تلك الناحية وصعد به إلى الله وإنما يسمى هبوطا باعتبار ما في أذهان المخاطبين أن ما يحاذي أرجلهم يكون هابطا ويسمى هبوطا مع تسمية إهباطه إدلاء وهو إنما يكون إدلاء حقيقيا إلى المركز ومن هناك إنما يكون مدا للحبل والدلو لا إدلاء له لكن الجزاء والشرط مقدران لا محققان. فإنه قال: لو أدلى لهبط; أي لو فرض أن هناك إدلاء لفرض أن هناك هبوطا وهو يكون إدلاء وهبوطا إذا قدر أن السموات تحت الأرض وهذا التقدير منتف; ولكن فائدته بيان الإحاطة والعلو من كل جانب وهذا المفروض ممتنع في حقنا لا نقدر عليه فلا يتصور أن يدلي ولا يتصور أن يهبط على الله شيء لكن الله قادر على أن يخرق من هنا إلى هناك بحبل ولكن لا يكون في حقه إدلاء فلا يكون في حقه هبوطا عليه. كما لو خرق بحبل من القطب إلى القطب أو من مشرق الشمس إلى مغربها (مجموع الفتاوى - 6/572) وقدرنا أن الحبل مر في وسط الأرض فإن الله قادر على ذلك كله ولا فرق بالنسبة إليه على هذا التقدير من أن يخرق من جانب اليمين منا إلى جانب اليسار أو من جهة أمامنا إلى جهة خلفنا أو من جهة رءوسنا إلى جهة أرجلنا إذا مر الحبل بالأرض فعلى كل تقدير قد خرق بالحبل من جانب المحيط إلى جانبه الآخر مع خرق المركز وبتقدير إحاطة قبضته بالسموات والأرض فالحبل الذي قدر أنه خرق به العالم وصل إليه ولا يسمى شيء من ذلك بالنسبة إليه إدلاء ولا هبوطا. وأما بالنسبة إلينا فإن ما تحت أرجلنا تحت لنا وما فوق رءوسنا فوق لنا وما ندليه من ناحية رءوسنا إلى ناحية أرجلنا نتخيل أنه هابط فإذا قدر أن أحدنا أدلى بحبل كان هابطا على ما هناك لكن هذا تقدير ممتنع في حقنا والمقصود به بيان إحاطة الخالق سبحانه وتعالى كما بين أنه يقبض السموات ويطوي الأرض ونحو ذلك مما فيه بيان إحاطته بالمخلوقات. ولهذا قرأ في تمام هذا الحديث {هو الأول والآخر والظاهر والباطن وهو بكل شيء عليم}. وهذا كله على تقدير صحته فإن الترمذي لما رواه قال: وفسره بعض أهل الحديث بأنه هبط على علم الله وبعض الحلولية والاتحادية يظن أن في هذا الحديث ما يدل على قولهم الباطل; وهو أنه حال بذاته في كل مكان وأن وجوده وجود الأمكنة ونحو ذلك.والتحقيق: أن الحديث لا يدل على شيء من ذلك إن كان ثابتا فإن قوله: (مجموع الفتاوى - 6/573) {لو أدلى بحبل لهبط} يدل على أنه ليس في المدلي ولا في الحبل ولا في الدلو ولا في غير ذلك وأنها تقتضي أنه من تلك الناحية; وكذلك تأويله بالعلم تأويل ظاهر الفساد من جنس تأويلات الجهمية; بل بتقدير ثبوته يكون دالا على الإحاطة. والإحاطة قد علم أن الله قادر عليها وعلم أنها تكون يوم القيامة بالكتاب والسنة وليس في إثباتها في الجملة ما يخالف العقل ولا الشرع; لكن لا نتكلم إلا بما نعلم وما لا نعلمه أمسكنا عنه وما كان مقدمة دليله مشكوكا فيها عند بعض الناس كان حقه أن يشك فيه حتى يتبين له الحق وإلا فليسكت عما لم يعلم. (مجموع الفتاوى - 6/574)

DiNuqilkan Oleh : Bagus Rangin ~ Kertajati-Majalengka

pucukpucuk Agan sedang membaca artikel tentang: Ibnu taemiyah teologi ember. Silakan agan copy dan paste atau sebarluaskan artikel ini jika dinilai bermanfaat,Ane juga menyediakan buku terjemahan kitab yang membantah wahabi: 1. buku "bid'ah mahmudah dan bid'ah idhafiyah antara pendapat yang membolehkan dan yang melarang" terjemah dari kitab: albid'atul mahmudah wal bid'atul idhafiyah bainal mujiziina wal maniin" karya Syaikh abdul fattah Qudais Al Yafi"i, 2.Terjemah kitab ‘At Tabaruk Bi As Sholihin Baina Al Muzijiin wa Al Maani’in: Mencari Keberkahan Kaum Sholihin Antara Pendapat yang Membolehkan dan yang Melarang, hub admin: hp/WA 0857-5966-1085.syukron :

*** Dapatkan buku terjemah disini ***

Share this article :

Posting Komentar

Jangan lupa Tulis Saran atau Komentar Anda

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger