News Update :
Home » » Apakah tafwidl makna = menyatakan Rasul tdk tau makna ayat Al quran

Apakah tafwidl makna = menyatakan Rasul tdk tau makna ayat Al quran

Penulis : Bagus Rangin on 28 Februari 2012 | 10.18.00



 Hafiz Nuruddin `Itr & Habib Ali aljufri 



Orang2 wahabi mengatakan bahwa tafwid [menyerahkan makna ayat mutasabihat kpd Allah] sama dengan menyatakan bahwa Nabi tdk mengetahui sebagian makna Al Quran",dan ucapan terjelek mereka adalah bahwa tafwidl bukanlah aqidah shahabat dan tidak soheh menisbatkannya kepada salaf,lalu mereka berkata bahwa aqidah sahabat adalah mengimani makna dhahir ayat mutasabihat,padahal shahabat yang agung menyerahkan makna ayat mutasyabehat kepada Allah,maka bagaimana dengan ucapan kalian?????

Telah datang dalam at tarikh as shogir karya Al Bukhari 1/88: 

[حدثنا محمد بن يوسف ثنا سفيان عن أسلم المنقري عن عبد الله بن عبد الرحمن بن أبزي عن أبيه قال قلت لأبي بن كعب لما وقع الناس في أمر عثمان :
أبا المنذر ما المخرج ؟ قال كتاب الله , ما استبان لك فاعمل به , وما اشتبه عليك فكله إلى عالمه 


:Telah menceritakan kepada kami  Muhammad bin yusuf,telah menceritakan sufyan dari aslam almanqori dari abdullah bin abdirrohman bin abzi dari ayahnya,beliau berkata:aku berkata kepada ubay bin ka'ab ktka  terjadi peristiwa shahabat ustman": wahai abal mundzir  bagimana cara engkau mengeluarkan hukum? buliau  Menjawab: dgn kitab Allah,apa yang jelas padamu darinya maka amalkan dan ma isytabaha: apa yang mutasyabihat  bagimu maka serahkanlah maknanya pada yang maha mengetahuinya".
Dengan sanad hasan dan tdk ada kesohehan yang melebihi perkataan al bukhari.


ini adalah takhrijnya dari maktabah syamilah:

  • 1.Muhammad bin yusuf bin waqid bin usman ad dlobi az zaidan tsiqoh dan utama wafat 212 H [at taqrib 1/6415]
  • 2 sufyan,ia adalah ibnu said bin masruq as sauri-abu abdillah al kufi wafat 161 H Ia siqoh,hafidz,faqih,abid,hujjah [at taqrib 2445]  ).
  • 3. aslam al manqori yang di panggil dgn abu saad,wafat 142 H.ia tsiqoh [At taqrib 407]
  • 4.abdullah bin  abdurrahman bin abzi al khazai,maqbul [at taqrib 3423],berkata ad dzahabi dalam alkasif 2/92] ia siqoh,dan ad dzahabi tdk mengingkarinya dalam almizan,berkata alhafidz ibnu hajar dalam at tahdzib[5/290]: ia di tsiqohkan oleh  ibnu hibban. 
  • 5.abdurrohman al abzi,beliau adalah shahabat  dan ada pada sampai masa shahabat umar RA [at taqrib 5 3794] .

Atsar ini juga tercatat  dalam kitab:jamius soheh karya alhafidz abil walid sulaiman bin khalaf albaji almaliki w 474 H, pada bab ubay bin kaab bin qais al anshori al madani abal mundzir..........

[باب أبي بن كعب بن قيس بن عبيد بن زيد بن معاوية بن عمرو بن مالك بن النجار الانصاري المدني أبو المنذر, وقيل أبو الطفيل , سمع النبي صلى الله عليه وسلم روى عنه أبو أيوب وابن عباس من الصحابة وروى عنه من التابعين عبد الرحمن بن الاسود وسويد بن غفلة قال أبو نصر قال البخاري قال علي بن المديني مات في ست من خلافة عثمان بن عفان, 
أخرج البخاري في التاريخ ثني محمد بن يوسف ثني سفيان عن أسلم المنقري عن عبد الله بن عبد الرحمن بن أبزي عن أبيه قال قلت لأبي بن كعب لما وقع الناس في أمر عثمان أبا المنذر ما المخرج قال كتاب الله ما استبان لك فاعمل به وما اشتبه عليك فكله إلى عالمه

Apakah wahabi MENGANGGAP SAHABAT UBAY BIN KAAB TELAH MENGANGGAP NABI TDK TAU SEBAGIAN MAKNA ALQURAN ..??

Imam al-Sya'bi [RH] berkata tentang Tafwid sebagaimana dikutip dalam "Aqawil al-Tsiqat":




dan di riwayatkan dari al-Sy'abi [tabi'i yang terkenal], bahwa dia ditanya tentang istiwa. maka ia berkata: Ini adalah dari ayat-ayat yang tidak jelas [mutashaabih] dalam Quran, kami percaya/iman terhadapnya, dan tidak membahas/memeriksa maknanya. 

روى البيهقي بسنده عن ابن عيينة قال: ما وصف الله تعالى به نفسه في كتابه فتفسيره تلاوته والسكوت عنه. قال البيهقي: والآثار عن السلف في مثل هذا كثيرة وعلى هذه الطريقة يدل مذهب الشافعي رضي الله تعالى عنه وإليه ذهب أحمد بن حنبل والحسن بن الفضل البجلي ومن المتأخرين أبو سليمان الخطابي.

Imam al-Baihaqi telah meriwayatkan dari (Sufyan) Ibnu Uyaynah dengan sanad bahwa ia berkata: "Apa pun yang telah ALLAH sifati pada dirinya dalam qur'an (tentang sifaat), tafsirnya adalah membacanya dan diam tentangnya." 
Imam al-Baihaqi kemudian menyebutkan, "riwayat-riwayat dari salaf tentang masalah ini sangat banyak dan metode tafwidl ini adalah madzhab Imam Syafi'ee (rh), dan dgn metode ini juga adalah madzhab Imam Ahmad bin Hanbal, al-Hassan bin Fadhal al-Bajali dan dari kalangan mutaakhirin Abi Sulaiman al-Khattabi ."


DiNuqilkan Oleh : Bagus Rangin ~ Kertajati-Majalengka

pucukpucuk Agan sedang membaca artikel tentang: Apakah tafwidl makna = menyatakan Rasul tdk tau makna ayat Al quran. Silakan agan copy dan paste atau sebarluaskan artikel ini jika dinilai bermanfaat,Ane juga menyediakan buku terjemahan kitab yang membantah wahabi: 1. buku "bid'ah mahmudah dan bid'ah idhafiyah antara pendapat yang membolehkan dan yang melarang" terjemah dari kitab: albid'atul mahmudah wal bid'atul idhafiyah bainal mujiziina wal maniin" karya Syaikh abdul fattah Qudais Al Yafi"i, 2.Terjemah kitab ‘At Tabaruk Bi As Sholihin Baina Al Muzijiin wa Al Maani’in: Mencari Keberkahan Kaum Sholihin Antara Pendapat yang Membolehkan dan yang Melarang, hub admin: hp/WA 0857-5966-1085.syukron :

*** Dapatkan buku terjemah disini ***

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

25 Juli 2012 pukul 14.11

mantap ustad, , ayoo yang ga setju bareng2 bahsul

Posting Komentar

Jangan lupa Tulis Saran atau Komentar Anda

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger