News Update :
Home » » Kupas tuntas atsar Ibnu Mas"ud yg di jadikan hujah atas larangan dzikir jamaah

Kupas tuntas atsar Ibnu Mas"ud yg di jadikan hujah atas larangan dzikir jamaah

Penulis : Bagus Rangin on 13 Januari 2012 | 20.21.00




 Al hafidz Abdullah Alharori 


Kebanyakan orang yang melarang dzikir jamaah dan juga melarang menggunakan tasbeh berhujjah dgn atsar ibnu mas"ud, padahal atsar tersebut telah di dhoifkan oleh para Imam, sebelum saya menjelaskan perkataan para Imam atas dhoifnya atsar trsbt,saya akan sebutkan dulu sanad2 atsar ini supaya jelas bagi orang2 yang inshof  akan status dan kedudukan atsar yang suka di jadikan sandaran oleh kelompok yang inkar atas dzikir jamaah dan atas penggunaan tasbeh,dan mereka dengan lantangnya membidahkan dzikir jamaah dgn atsar ini di setiap tempat dan kesempatan, sedangkan mereka mengingkari terhadap orang lain yang bersandar dgn hadis atau atsar dhoif,tetapi ketika hadis dhoif dapat menguatkan pendapat mereka,maka mereka berhujjah dgnnya,walaupun atsar dhoif ini bertentangan dgn banyak hadis yang soheh,kita mulai dgn menyebutkan sanad-sanad atsar ini: 

1. Telah meriwayatkan atas atsar ini Imam Abdur rozaq dalam mushonafnya,dan At thobroni dalam mu"jam al kabiir,berkata Imam At thobroni:

حدثنا إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق عن جعفر بن سليمان أنا عطاء بن السائب لا أعلمه إلا عن أبي البختري قال بلغ عبد الله بن مسعود : أن قوما يقعدون من المغرب إلى العشاء يسبحون يقولون: قولوا كذا، وقولوا: كذا قال عبد الله: إن قعدوا فآذنوني، فلما جلسوا أتوه، فانطلق فدخل معهم فجلس وعليه برنس، فأخذوا في تسبيحهم فحسر عبد الله عن رأسه البرنس وقال: أنا عبد الله بن مسعود. فسكت القوم فقال: لقد جئتم ببدعة وظلماء، أو لقد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما، فقال رجل من بني تميم: ما جئنا ببدعة ظلماء ولا فضلنا أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما. فقال عمرو بن عتبة بن فرقد أستغفر الله يا بن مسعود وأتوب إليه فأمرهم أن يتفرقوا.
: Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dari Abdur rozaq dari jafar bin sulaiman,saya Atho bin As saib "aku tdk tau kecuali dari Abu al bakhtari,Beliau berkata:ada yang melapor kepada Ibnu Mas"ud "bahwa ada sekelompok orang duduk2 dari magrib sampai isa,mereka membawa tasbih,dan mereka berkata "ucapkanlah anu,bacalah anu",maka berkata Ibnu masud:kalau mereka duduk berkumpul lagi,maka kasih tau aku,ketika kelompok itu mulai duduk berkumpul,maka Ibnu masud pergi ke tempat perkumpulan mereka lalu masuk dan duduk  bersama mereka,dan ada barnas di tempat itu,lalu ibnu masud mengambil tasbih2 mereka,dan Ibnu masud menarik kepala barnas seraya berkata : saya ibnu masud,maka orang2 di tempat itu terdiam,lalu ibnu masud berkata:kalian telah melakukan bidah dan kedzaliman atau kalian telah melebihi atas ilmunya para shahabat Rasul saw",maka berkata seorang lelaki dari bani tamim: kami tidak melakukan bidah dan kedzaliman atau pun melebihi ilmu sahabat Rasul saw,lalu berkata Amr bin atbah bin farqod: aku memohon ampun kepada Allah wahai ibnu masud dan aku bertaubat kepadaNya,Lalu Ibnu masud menyuruh mereka bubar....!!

Kita cek rowi dalam sanad ini:


1. ishaq bin ibrahim ad dabari



ia seorang yg shoduq [jujur] tetapi beliau mendengar atsar tsbt dari Abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hapalan]  Abdur rozaq karena imam abdirrozaq wafat dan umur ad dabari antara 6-7 thn,dan mendengarnya ad dabari dari abdur rozaq pada 2 thn terakhir dari kehidupan abdurrozaq.

Berkata Al alamah Ibrahim bin musa al anbasi dalam as syada alfayah min ulumi ibhu sholah 2/747 : 

 قلت وقد وجدت فيما روي عن الطبراني عن إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق أحاديث استنكرتها جداً، فأحلت أمرها على ذلك، فإن سماع الدبري منه متأخر جداً، قال إبراهيم الحربي مات عبد الرزاق وللدبري ست سنين أو سبع سنين.اهـ


:dan aku menemukan dalam apa yang di riwayatkan dari at tabrani dari ishaq bin ibrahim ad dabiri dari abdur rozaq banyak hadist yang sangat munkar bagiku,karena mendengarnya ad dabari dari abdur rozaq sangat akhir sekali,berkata ibrahim al harobi: wafat abdur rozaq dan keadaan umur ad dabari adalah 6-7 tahun".


Berkata al alamah al muhaddis as sakhowi dalam fathul mugits 3/337: 



 وقال شيخنا – ابن حجر العسقلاني - المناكير الواقعة في حديث الدبري إنما سببها أنه سمع من عبد الرزاق بعد اختلاطه 

:telah berkata guru kami syaikh ibnu hajar al asqalani: kemunkaran yang terjadi dalam hadist ad dabari di karenakan sesungguhnya beliau mendengar dari abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hapalannya abdur rozaq.

 2. jafar bin sulaiman ad dlob"i


beliau mendengar dari atho bin saib setelah ikhtilat [rusak pada hapalannya atho,sebagaimana di tetapkan oleh ad dzahabi dalam al kawakib an nayyirot hal 61:


  حكموا بتوثيقه – أي عطاء - وصلاحه وباختلاطه، اختلط في آخر عمره قال أحمد بن حنبل ثقة رجل صالح من سمع منه قديما فسماعه صحيح ومن سمع منه حديثا فسماعه ليس بشيء ... وممن سمع منه – أي من عطاء - أيضا بأخرة من البصرين جعفر بن سليمان الضبعي.اهـ

:para muhaddis menghukumi tsiqohnya atho dan shalehnya,dan juga ikhtulatnya atho,beliau ikhtilat pada akhir hayatnya,berkata imam ahmad bin hambal: beliau seorang tsiqoh yang shaleh,siapa yang mendengar darinya pada masa sebelum ikhtilat,maka mendengar darinya adalah soheh, dan siapa mendenger darinya pada masa lkhtilatnya, maka mendengar darinya tidak ada nilainya,dan di antara yang mendengar darinya pada masa akhir hayatnya [setelah ikhtilat] dari orang basroh adalah jafar bin sulaiman ad dlob"i.


3.riwayat atho bin saib dari abi al bakhtari adalah dhoif.



berkata ad dzahabi dalam alkawakib an nayirot hal 61: 



 وقال إسماعيل بن علية: قال لي شعبة: ما حدثك عطاء عن رجاله زاذان وميسرة وأبي البختري فلا تكتبه، وما حدثك عن رجل بعينه فاكتبه. ـ 

:berkata ismail bin aliyah: telah berkata syu"bah kepadaku 'apa yang di riwayatkan atho kepadamu dari rijal2 [rowi] bernama zadzan dan maisaroh dan abi al bakhtari maka jgnlah menulisnya,dan apa yang di ceritakan dari rijal [rowi] oleh dirinya maka tulislah.


Dengan alasan2 di atas maka tidak mungkin sanad ini soheh..............!!!


 2. diriwayatkan ibnu wadlah al qurtubi dalam al bid"u wan nahyu anha hal 21: 

 قال : أنا أسد عن جرير بن حازم عن الصلت بن بهرام قال : مر ابن مسعود بامرأة معها تسبيح تسبح به فقطعه وألقاه ، ثم مر برجل يسبح بحصى فضربه برجله، ثم قال : لقد سبقتم، ركبتم بدعة ظلماً، أو لقد غلبتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً.

: saya asad dari jarir bin hazim dari Ash Shalat bin Bahram, berkata : Ibnu Mas’ud melihat seorang wanita yang bertasbih dengan menggunakan subhah, kemudian beliau memotong tasbihnya dan membuangnya. Beliau juga melewati seorang laki-laki yang bertasbih menggunakan kerikil, kemudian memukulnya dengan kakinya dan berkata: Kamu telah mendahului (Rasulullah) dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para sahabatnya.

Sanad riwayat ini dhoif karena inqitho [terputus] antara Ash Shalat bin Bahram dan Ibnu Mas’ud,karena ibnu masud wafat di madinah thn 32 H sebagaimana di rajihkan oleh ibnu hajar dalam kitab al ishobah,dan Ash Shalat bin Bahram adalah atba tabiin [ masa selepas tabiin],maka tidak mungkin ia mendapat riwayat dari shahabat yang akhir,apalagi dari ibnu masud yang wafat rada masa khilafah umar bin khotob RA hal ini sebagaimana di ceritakan Ibnu hajar dalam at tahdzib 4/432. 

Dan atsar ini di riwayatkan pula oleh ibnu wadlah al qurtubi dari jalan aban bin abi ayyas, aban bin abi ayyas Seorang kadzab:pendusta.

berkata ibnu abi hathim dalam jarh wat ta"dil 1/134:

قال شعبة: لأن أرتكب سبعين كبيرة أحبَّ إليَّ مِنْ أن أحدث عن أبان بن أبى عياش
:berkata syu"bah: seandaimya aku melakukan dosa besar 70 x maka lebih aku sukai daripada meriwayatkan dari aban bin abi ayyas.

dan berkata an nasai dalam ad dhuafa wal matrukin 14:

 أبان بن أبي عياش متروك الحديث وهو أبان بن فيروز أبو إسماعيل
:aban bin abi ayyas adalah matruk [di tinggalkan hadisnya] ia adalah aban bin fairuz abu ismail.


 3. diriwayatkan pula oleh ibnu wadlah al qurtubi dalam al bid"u wan nahyu anha hal  11:  

 قال: أنا أسد عن عبد الله بن رجاء عن عبيد الله بن عمر ، عن يسار أبي الحكم أن عبد الله ابن مسعود حدث : أن أناساً بالكوفة يسبحون بالحصى في المسجد فأتاهم وقد كوم كل رجل منهم بين يديه كومة حصى ، قال : فلم يزل يحصبهم بالحصى حتى أخرجهم من المسجد ، ويقول : لقد أحدثتم بدعة ظلماً ، أو قد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً . 
:dari asad dari abdullah bin roja dari ubaedillah bin umar dari Sayyar Abi Al Hakam, bahwasanya Abdullah bin Mas’ud menceritakan tentang orang-orang Kufah yang bertasbih dengan kerikil di dalam masjid. Kemudian beliau mendatanginya dan menaruh kerikil di kantung mereka, dan mereka dikeluarkan dari masjid. Beliau berkata: Kamu telah melakukan bid’ah yang dzalim dan telah melebihi ilmunya para sahabat Nabi.

Sanad ini dhoif juga karena inqitho antara sayyar abi al hakam dgn abdullah bin masud,karena sayyar adalah atba"ut tabiin,sebagaimana di katakan oleh al hafidz ibnu hajar dalam at tahdzib 4/291.

 4. meriwayatkan pula ibnu wadlah al qurtubi:   

: حدثني إبراهيم بن محمد، عن حرملة، عن ابن وهب، قال: حدثني ابن سمعان قال: بلغنا عن ابن مسعود أنه رأى أناساً يسبحون بالحصى فقال : على الله تحصون ، سبقتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً ، أو لقد أحدثتم بدعة ظلماً. اهـ
: telah menyebutkan ibrahim bin muhammad dari harmalah dari ibn wahab,beliau berkata : telah menceritakan kepadaku ibn sam"an: telah sampai kepada kami dari ibnu mas"ud bahwa beliau melihat orang2 bertasbih dgn krikil,maka berkata ibnu masud: Apakah mereka menyebut-nyebut kebaikannya di hadapan Allah? dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para sahabatnya.

Sanad ini lemah karena dalam sanadnya ada abdullah bin ziyad bin sam"an dia adalah kadzab:pendusta,

berkata ibnu abi hatim dalam jarh wat tadil 5/60; 

 عن عبد الرحمن بن القاسم قال: سألت مالكاً عن بن سمعان فقال كذَّابٌ ... قال يحيى بن معين: حدثنا الحجاج بن محمد الأعور عن أبى عبيدة يعنى عبد الواحد بن واصل قال: كان عنده بن سمعان ومحمد بن إسحاق فقال بن سمعان: حدثني مجاهدٌ. فقال بن إسحاق: كَذَبَ والله، أنا أكبر منه، وما رأيت مجاهداً.اهـ
:dari abdurrahman aku bertanya kepada malik tentang ibnu sam"an,maka beliau menjawab: ia kadzab,dan berkata yahya bin main: tilah menceritakan kepada kami al hajaj bin muhammad al a"war dari abi ubaidah yakni abdul wahid bin washil berkata bahwa di samping beliau ada ibnu sam"an dan muhammad bin ishaq,lalu ibnu sam"an berkata: telah menceritakan kepadaku mujahid",maka berkata ibnu ishaq: ia berdusta demi Allah,saya lbh tua darinya dan aku tdk pernah melihat mujahid.

5. Adapun yang di riwayatkan ad darimi dalam sunannya,beliau berkata: 

 : أخبرنا الحكم بن المبارك أنا عمر بن يحيى قال سمعت أبي يحدث عن أبيه قال: كنا نجلس على باب عبد الله بن مسعود قبل صلاة الغداة فإذا خرج مشينا معه إلى المسجد فجاءنا أبو موسى الأشعري فقال أَخَرَجَ إليكم أبو عبد الرحمن بعد ؟ قلنا: لا. فجلس معنا حتى خرج فلما خرج قمنا إليه جميعا فقال له أبو موسى يا أبا عبد الرحمن إني رأيت في المسجد أنفا أمرا أنكرته، ولم أر والحمد لله إلا خيراً، قال: فما هو. فقال: إن عشت فستراه، قال رأيت في المسجد قوماً حلقاً جلوساً ينتظرون الصلاة، في كل حلقة رجل، وفي أيديهم حصا، فيقول: كبروا مائة، فيكبرون مائةً، فيقول: هللوا مائة فيهللون مائة. ويقول: سبحوا مائة فيسبحون مائة. قال: فماذا قلت لهم ؟ قال: ما قلت لهم شيئا انتظار رأيك، أو انتظار أمرك. قال أفلا أمرتهم ان يعدوا سيئاتهم، وضمنْتُ لهم أن لا يضيع من حسناتهم، ثم مضى ومضينا معه، حتى أتى حلقة من تلك الحلق، فوقف عليهم، فقال: ما هذا الذي أراكم تصنعون. قالوا: يا عبد الله حصا نعد به التكبير والتهليل والتسبيح، قال: فعدوا سيئاتكم، فأنا ضامن أن لا يضيع من حسناتكم شيءٌ، ويحكم يا أمة محمد، ما أسرع هلكتكم، هؤلاء صحابة نبيكم صلى الله عليه وآله وسلم متوافرون وهذه ثيابه لم تبل، وأنيته لم تكسر، والذي نفسي بيده، إنكم لعلي ملة هي أهدي من ملة محمدٍ أو مفتتحوا باب ضلالة، قالوا: والله يا أبا عبد الرحمن ما أردنا إلا الخير. قال: وكم من مريد للخير لن يصيبه، إن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم حدثنا أن قوما يقرؤون القرآن لا يجاوز تراقيهم، وأيم الله ما أدري لعل أكثرهم منكم، ثم تولى عنهم، فقال عمرو بن سلمة: رأينا عامة أولئك الحلق يطاعنونا يوم النهروان مع الخوارج.



Telah mengabarkan kepada kami Al-Hakam Bin Al-Mubarak (dia berkata): Telah memberitahukan kepada kami ‘Amr Bin Yahya, dia berkata: Saya telah mendengar ayahku menyampaikan hadits dari ayahnya, dia berkata: Dahulu kami duduk di depan pintu Abdullah Bin Mas’ud sebelum shalat ashar, maka jika beliau keluar kami berjalan bersamanya ke masjid. Kemudian Abu Musa Al-Asy’ari mendatangi kami dan berkata: “Apakah Abu Abdirrahman (Abdullah Bin Mas’ud) telah keluar menjumpai kalian sebelumnya?” Kami berkata: “Tidak” Maka dia duduk bersama kami hingga Abdullah Bin Mas’ud keluar. Maka ketika dia keluar, kami semua bangkit kepadanya. Maka Abu Musa berkata kepadanya: “Wahai Abu Abdirrahman, sesungguhnya saya tadi melihat di masjid perkara yang saya ingkari dan saya tidak melihat –segala puji hanya bagi Allah- kecuali kebaikan. Dia berkata: “Apakah itu?” Dia (Abu Musa) berkata: “Jika engkau masih hidup niscaya engkau akan melihatnya. Dia (Abu Musa) berkata selanjutnya: “Saya melihat di suatu masjid sekelompok orang berhalaqah-halaqah dalam keadaan duduk menunggu shalat, dalam setiap halaqah ada satu orang (sebagai pemimpin halaqah,-pen), dan ditangan-tangan mereka ada bebatuan kecil. Maka orang itu berkata: “Bertakbirlah kalian seratus kali” Maka merekapun bertakbir seratus kali. Orang itu berkata: “Bertahlillah kalian seratus kali” Maka merekapun bertahlil seratus kali. Orang itu berkata: Bertasbihlah kalian seratus kali” Maka merekapun bertasbih seratus kali. (Abdullah Bin Mas’ud) berkata: “Apa yang engkau katakan kepada mereka?” (Abu Musa) menjawab: “Saya tidak mengatakan sesuatu apapun kepada mereka, saya menunggu pendapatmu atau saya menunggu perintahmu. (Abdullah Bin Mas’ud) berkata: “Tidakkah engkau suruh mereka untuk menghitung dosa-dosa mereka dan saya menjamin untuk mereka bahwa kebaikan-kebaikan mereka tidak akan hilang.” Kemudian dia berangkat dan kamipun berangkat bersamanya hingga dia mendatangi satu halaqah dari halaqah-halaqah tersebut, kemudian dia berhenti di depan mereka. Dia berkata: “Apa ini yang saya lihat kalian sedang mengerjakannya?” Mereka menjawab: “Wahai Abu Abdirrahman, Ini adalah bebatuan kecil yang kami gunakan untuk menghitung takbir, tahlil, dan tasbih.” Dia (Abdullah Bin Mas’ud) berkata: “Hitunglah dosa-dosa kalian, saya menjamin tidak akan hilang sedikitpun dari kebaikan-kebaikan kalian. Celakalah kalian wahai ummat Muhammad, betapa cepatnya kebinasaan kalian. Lihatlah para shahabat Nabi kalian Shallallahu Alaihi Wasallam masih sangat banyak, baju beliau belumlah usang, bejana beliau belumlah pecah. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, Apakah kalian berada di atas agama yang lebih mendapatkan petunjuk dari agamanya Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, ataukah kalian membuka pintu kesesatan.” Mereka menjawab: “Demi Allah wahai Abu Abdirrahman, kami tidak menginginkan kecuali kebaikan.” Dia menjawab: “Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan tapi tidak mendapatkannya.” Sesungguhnya Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wasallam telah menceritakan kepada kami: (kemudian dia menyebutkan hadits di atas). Demi Allah aku tidak tahu, kemungkinan kebanyakan mereka adalah dari kamu!”.Kemudian dia berpaling dari mereka. ‘Amr bin Salamah berkata:“Kemudian kami melihat kebanyakan orang-orang pada halqah-halqah itu bersama Khawarij memerangi kami pada peperangan Nahrawan.”

Riwayat ini juga tidak shohih,karena dalam sanadnya ada Amr Bin Yahya bin amr,dan ia telah di dhoifkan oleh muhaddis mutaqoddimin separti imam ibnu adi dan ibnu main:,

Berkata ibnu adi "dgn sanadnya ittishal kepada yahya bin main" dalam al kamil juz 5 hal 122 [syamilah] :

 حدثنا بن أبي عصمة ثنا أحمد بن أبي يحيى قال سمعت يحيى بن معين يقول عمرو بن يحيى بن سلمة ليس بشئ حدثنا أحمد بن علي ثنا الليث بن عبدة قال سمعت يحيى بن معين يقول عمرو بن يحيى بن سلمة سمعت منه ليكن يرضي وعمرو هذا ليس له كثير رواية ولم يحضرني له شئ فأذكره 

:"telah menceritakan kepada kami abi ishmah, telah menceritakan ahmad bin abi yahya,beliau berkata:aku mendengar yahya bin main berkata:'Amr Bin Yahya bin amr' tidak ada nilainya, telah menceritakan kepada kami ahmad bin ali,telah menceritakan al laets bin abdah,beliau berkata: aku mendengar yahya bin main berkata:Amr Bin Yahya bin amr" aku mendengar darinya,dan amr yang ini tidaklah banyak riwayat,dan tidak hadir padaku sesuatu utk ku ceritakan.

Catatan: 
Ada sebagian orang berkata bahwa muhaddis mutaqodim yaitu yahya ibnu main berkata bahwa Amr Bin Yahya bin amr tsiqoh dgn referensi dari Al-Jarh wat-Ta’diil, bahwa Ibnu Abi Haatim mengatakan : “Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Abdurrahman, ia berkata : Ayahku menyebutkan dari Ishaaq bin Manshuur, dari Yahyaa bin Ma’iin, bahwasannya ia berkata : ‘’Amru bin Yahyaa bin Salamah tsiqah” [6/269 no. 1487], dan ia beralasan bahwa mesti Tarjih atas perkataan Ibnu Ma’iin terhadap ‘Amru bin Yahyaa bahwasannya ia tsiqah, karena ta’dil ini dibawakan oleh ulama mutaqaddimiin dengan membawakan sanadnya,dan dgn alasan bahwa Ibnu Ma’iin terkenal sebagai ulama mutasyaddid dalam jarh........

Saya berkata: apakah dia tidak melihat perkataan ibnu adi di atas, yang mana beliau  juga termasuk mutaqoddim dan perkataan beliau juga  dgn sanadnya kepada yahya bin main   bahwa:'Amr Bin Yahya bin amr' tidak ada nilainya dan tidak hadir padanya sesuatu utk di ceritakan dari Amr Bin Yahya bin amr??,

Di perkuat dengan perkataan para muhaddis mutaakhirin:

1. berkata ad dzahabi dalam mizan al i"tidal:  (4/378) :

 عمرو بن يحيى بن عمرو بن سلمة، قال يحيى بن معين: ليس حديثه بشيء   وقال بن خراش: ليس بمرضي. ـ
:Amr Bin Yahya bin amr bin salmah,berkata yahya bin main: hadisnya tidak bernilai,berkata bin khoros: ia tidak di ridhoi,

2. Dan berkata ibnu al jauzi dalam ad dhuafa wal matrukin 2/233: 

 : عمرو بن يحيى بن عمرو بن سلمة، قال يحيى –ابن معين- : ليس حديثه بشيء وقال مرة لم يكن بمرضي. ـ

"Amr Bin Yahya bin amr bin salmah, berkata yahya bin main: hadisnya tidak bernilai,dan sesekali berkata ia tidak di ridhoi.

Maka jelas perkataan dari muhaddis mutaqodimin dan dgn pendukung dari muhaddis mutaakhirin ITU lebih kuat utk di jadikan sandaran atas lemah dan dhoifnya Amr Bin Yahya bin amr bin salmah...........!!!

Setelah penjelasan-penjelasan di atas, maka kita sempai kepada kesimpulan : 
  1. Tidak sohehnya atsar Ibnu Mas'ud tsbt
  2. ketika seandainya atsar tsbt soheh ,maka atsar itu tidak bisa mengalahkan banyaknya hadist yang menganjurkan dzikir dalam setiap keadaan,dan hadis lebih di dahulukan dari pada atsar ketika terjadi ta'arud: kontradiksi, karena atsar adalah pekerjaan shahabat dan bukan hujjah,karena hujjah adalah Al Quran dan As Sunnah
  3. larangan atsar trsbt di ihtimalkan terhadap adanya berlebih2an dalam mengeraskan suara,oleh sebab itu maka muncullah larangan.
  4. mereka menyakiti orang2 yang ada di dalam mesjid dgn terlalu meninggikan suara mereka, 
  5. telah menafikan atas atsar trsbt seorang tabiin yang bernama abu wail,beliau berkata: orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin mas'ud melarang dzikir serperti itu,padahal tidaklah ibnu masud duduk di suatu majlis kecuali beliau berdzikir di dalam majlis tsbt..


Dan perhatikan pendapat ahli ilmu tentang atsar ini:


barkata Al Imam As suyuthi dalam Al hawi lilfatawa 1/379: 

 فإن قلت، فقد نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد. قلت: هذا الأثر عن ابن مسعود يحتاج إلى بيان سنده ومن أخرجه من الأئمة الحفاظ في كتبهم وعلى تقدير ثبوته فهو معارض بالأحاديث الكثيرة الثابتة المتقدمة وهي مقدمة عليه عند التعارض، ثم رأيت ما يقتضي إنكار ذلك عن ابن مسعود قال الإمام أحمد بن حنبل في كتاب الزهد ثنا حسين ابن محمد ثنا المسعودي عن عامر بن شقيق عن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.

:Kalau engkau berkata "telah di nuqil dari Ibnu Mas'ud sesungguhnya beliau melihat suatu kaum membaca tahlil dgn mengeraskan suara di dalam masjid,lalu beliau berkata: aku tidak melihat kalian kecuali ahli bid'ah" shgga beliau mengeluarkan mereka dari masjid,aku [as suyuthi] berkata: atsar dari IBnu Mas'ud ini perlu terhadap penjelasan sanadnya dan siapa saja dari para imam yang mengeluarkan atsar ini dalam kitabnya,dan seandainya atsar ini soheh,maka telah menentang hadis-hadis sebagaimana telah di sebutkan,dan hadis-hadis itu mesti di dahulukan atasnya ketika terjadi ta'arud;kontradiksi,dan aku telah melihat hal yang membuatku inkar bahwa atsar itu dari Ibnu Mas'ud,telah berkata Al Imam Ahmad bin Hambal dalam ketab Al zuhd "telah menceritakan husain bin muhammad,telah mencerutakan al mas'udi dari amir bin syaqiq dari Abu Wail,beliau berkata:mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsbt.

Dan berkata imam Ibnu Hajar al haitami dalam alfatawi al fiqhiyah al kubro 1/177: 

: وأما ما نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد, فلم يصح عنه بل لم يرد; ومن ثم أخرج أحمد عن أبي وائل قال: هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ; ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه, والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب.انتهى
:Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid,lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah shgg beliau mengeluarkan mereka dari masjid" maka atsar ini tidak sah darinya dan malah tidak datang,oleh sebab itu telah mengeluarkan Imam Ahmad dari Abi wail,beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsbt.

Dan berkata Al muhaddis Al munawi dalam faidlul qodiir 1/457: 

 وأما ما نقل عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما اراكم إلا مبتدعين وأمر بإخراجهم فغير ثابت . وبفرض ثبوته يعارضه ما في كتاب الزهد لأحمد عن شقيق بن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالسته مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.اهـ

:Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud baewa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid,lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah shgg beliau mengeluarkan mereka dari masjid" maka atsar ini tidak tsabit,dan seandainya tsabit,maka telah menentangnya apa yang ada dalam kitab az zuhd karya imam Ahmad dari Syaqiq bin Abi wail,beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis tsbt.


Berkata Al alamah Al Alusi dalam rauhul maani 6/163:

 وما ذكر في الواقعات عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما اراكم إلا مبتدعين حتى أخرجه من المسجد لا يصح عند الحفاظ من الأئمة المحدثين وعلى فرض صحته هو معارض بما يدل على ثبوت الجهر منه رضي الله تعالى عنه مما رواه غير واحد من الحفاظ أو محمول على الجهر البالغ. 



:Dan adapun apa di sebutkan dalam peristiwa dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid,lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah shgg beliau mengeluarkan mereka dari masjid" maka atsar ini tidak soheh menurut para hufadz daru para Imam Muhaddist,dan seandainya soheh,maka ia bertentangan dengan hadis yang menunjukan atas tetapnya dzikir keras dari ibnu masud RA dari hadis yang di riwayatkan oleh lebih dari satu orang dari kalamgam hufadh,atau kemungkinan larangan tsbt di tujukan terhadap orang yang sangat mengeraskan suara dzikirnya.


DiNuqilkan Oleh : Bagus Rangin ~ Kertajati-Majalengka

pucukpucuk Agan sedang membaca artikel tentang: Kupas tuntas atsar Ibnu Mas"ud yg di jadikan hujah atas larangan dzikir jamaah. Silakan agan copy dan paste atau sebarluaskan artikel ini jika dinilai bermanfaat,Ane juga menyediakan buku terjemahan kitab yang membantah wahabi: 1. buku "bid'ah mahmudah dan bid'ah idhafiyah antara pendapat yang membolehkan dan yang melarang" terjemah dari kitab: albid'atul mahmudah wal bid'atul idhafiyah bainal mujiziina wal maniin" karya Syaikh abdul fattah Qudais Al Yafi"i, 2.Terjemah kitab ‘At Tabaruk Bi As Sholihin Baina Al Muzijiin wa Al Maani’in: Mencari Keberkahan Kaum Sholihin Antara Pendapat yang Membolehkan dan yang Melarang, hub admin: hp/WA 0857-5966-1085.syukron :

*** Dapatkan buku terjemah disini ***

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Anonim
2 Agustus 2012 pukul 13.55

jadi nggak salah kalau dzikir jamaah

Anonim
13 Agustus 2012 pukul 03.38

bang2,
dalil antum tuk nisyfu sya'ban aja dhoif itu di bela2in diamalin, sekarang dalil ibnu abbas dhoif (yg menurut antum dhoif) kau tolak mentah2...
tidak berpendirian kau bang...

13 Agustus 2012 pukul 03.59

ada ga kebolehan mengamalkan hadis dhoif dalam pelarangan/meninggalkan sebuah amalan? kalau kebolehan mengamalkan hadis dhoif dalam pengamalan fadoil amal itu banyak.......

Posting Komentar

Jangan lupa Tulis Saran atau Komentar Anda

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger