News Update :
Home » » Makna ke esaan Allah

Makna ke esaan Allah

Penulis : Bagus Rangin on 15 Agustus 2012 | 22.58.00





Allah mengatakan dalam Al-Qur'an:
قل هو الله أحد

Artinya: "Katakanlah! <Ya Muĥammad> Dia Allah adalah Satu "(Al-Ikħlaaş, 1).

Kata "Satu" di sini adalah dalam arti mutlak, karena pernyataan itu adalah mutlak. maka Dia tidak mungkin memiliki kesamaan dalam tindakan,sifat dan dzat-Nya, atau meniliki mitra dan bagian. Hal ini juga bermakna tidak mungkin Allah memiliki dua sifat dari jenis yang sama, misalnya dua sifat qudroh/kekuatan, atau dua sifat ilmu/ pengetahuan.

Imam Ahmad ibn Hanbal menjelaskan: "Allah itu Satu, bukan dalam arti nomor; tidak mungkin bahwa Dia bisa dibagi atau memiliki bagian; Dia adalah Satu dalam setiap arti /makna, sedangkan yang lainnya adalah satu dalam satu individu, tapi tidak pada jenis". [1]

Sebagai contoh, saya adalah satu orang, tapi saya adalah seseorang dari antara banyak sejenis. Selain itu, saya juga memiliki banyak sifat yang sama dengan orang lain, seperti mengambil ruang, maka saya juga memiliki mitra dalam sifat saya.Saya juga terdiri dari bagian bagian tubuh, dan semua tubuh adalah bagian bagian tertentu. Dengan demikian, saya tidak satu dalam arti mutlak, tetapi satu dalam arti terdiri atau bersama. Artinya perbedaan saya dari yang lain hanyalah jenis perbedaan ciptaan .

Bagaimana jenis perbedaan mahluk??

Allah sama sekali tidak sama dengan sifat seperti ciptaan. Dia tidak memiliki kemiripan dengan ciptaan. Inilah arti dari pernyataan dalam Quran:

ليس كمثله شيء

Artinya: "Tidak ada yang menyerupai Dia [dengan cara apapun]" (Ash-Sħuuraa, 11)

Hal Yang di ciptakan [ciptaan] mungkin berbeda antara satu sama lain. Namun, perbedaan mereka terhadap satu sama lain tidak seperti perbedaan antara Allah dengan ciptaan.

Perlu dipahami bahwa Allah berbeda dari ciptaan tidak sebagaimana cara antara hal hal ciptaan berbeda satu sama lain .Jika tidak Dia menyerupai makhluk-Nya itu mutlak .

Penjelasan ini penting untuk melihat bagaimana hal yang diciptakan mencapai perbedaan satu sama lain. Sebagai contoh, jika dua entitas berbeda, perbedaan ini masih akan terdeteksi dengan melalui salah satu indera kami yang lima kami sebagai berikut:

1. Mata: warna dan bentuk

2. Pendengaran: suara

3. Kulit: suhu, kelembutan, basah, berat

4. Rasa: asam, pahit, manis, dan kualitas selera lain.

5. Bau: ketajaman, kelembutan, dan kualitas penciuman lainnya.

Perbedaan yang di ciptakan juga Dibuat melalui perbedaan bentuk, warna, dan kualitas fisik wujud lainnya [ Hal ini berlaku untuk semua hal yang berubah, Hal tersebut perlu spesifikasi aspek, seperti: keadaan bentuk? bagaimana warna? Apa yang terjadi? Jam berapa ? Dll Hal ini berarti bahwa semua itu membutuhkan Sang Pencipta untuk membawa semua itu menjadi ada sesuai dengan spesifikasi masing masingdan ada dua cara lainnya yang ada pada ciptaan yang mana mereka mungkin berbeda antara satu sama lain,  mereka adalah identik dalam perbedaan dengan semua indra tersebut di atas, Yaitu, mereka juga mungkin berbeda dalam ruang dan waktu. Bahkan mungkin ada cara lainnya untuk perbedaaan ciptaaan tersebut, tapi itu tidak penting di sini. Yang penting adalah sebagai berikut:

Atribut Allah tidak sama dengan ciptaan ,maka berdampak pada kesimpulan bahwa Dia bukanlah sesuatu yang memiliki warna, bentuk atau kualitas fisik berwujud lainnya dan Dia juga tidak dalam ruang atau waktu.

Abuu Ĥaniifah juga berkata: "Tuhan adalah Satu, tidak dalam arti numerik, tetapi dalam arti bahwa Dia tidak memiliki mitra, tidak melahirkan juga tidak Dia diperanakkan, dan tidak ada yang seperti Dia. Dia tidak menyerupai apapun dari semua ciptaan-Nya, juga tidak ada apa pun di antara ciptaan-Nya yang menyerupai-Nya ". [2]


[1] Muhammad bin Abii Yalaa, Itiqaad Al-Imam Al-Mubajjal Ibn Hanbal (Beirut, Lebanon: Dar Al-Marefah), 1/293.

[2] Abuu Ĥaniifah (80-150 H / 699-767), Al-Fiqh Al-Akbar, vol. 1 (Maktabah Al-Azhariyyah Li Al-Turaath, 1421), 62.

DiNuqilkan Oleh : Bagus Rangin ~ Kertajati-Majalengka

pucukpucuk Agan sedang membaca artikel tentang: Makna ke esaan Allah. Silakan agan copy dan paste atau sebarluaskan artikel ini jika dinilai bermanfaat,Ane juga menyediakan buku terjemahan kitab yang membantah wahabi: 1. buku "bid'ah mahmudah dan bid'ah idhafiyah antara pendapat yang membolehkan dan yang melarang" terjemah dari kitab: albid'atul mahmudah wal bid'atul idhafiyah bainal mujiziina wal maniin" karya Syaikh abdul fattah Qudais Al Yafi"i, 2.Terjemah kitab ‘At Tabaruk Bi As Sholihin Baina Al Muzijiin wa Al Maani’in: Mencari Keberkahan Kaum Sholihin Antara Pendapat yang Membolehkan dan yang Melarang, hub admin: hp/WA 0857-5966-1085.syukron :

*** Dapatkan buku terjemah disini ***

Share this article :

Posting Komentar

Jangan lupa Tulis Saran atau Komentar Anda

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger