Imam ibnu taemiyah SYAEKHUL ISLAM berkata:
ﺁﻧﻤﺎ ﻣﻨﻬﺞ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺍﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻘﻴﺪﺓ ﺍﻣﺮﺍﺭ ﺍﻟﻨﺼﻮﺹ ﻭﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﻋﻠﻲ ﻇﺎﻫﺮﻫﺎ :
: BAhwa manhaj imam Ahmad bin hambal dlm aqidah adalah menjalankan nas dan tafsir diatas arti dohirnya.
pendapat ini di ikuti muqolidnya. MARI Kita cek pendepet dan manhaj imam ahmad RA dlm aqidah, hususnya tntg ayat2 sifat / mutasyabih.
Bukti pertama:
1-ﻭﺭﻭﻱ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ﻋﻦ ﺍﺑﻲ ﻋﻤﺮﻭ ﺁﺑﻦ ﺍﻟﺴﻤﺎﻙ ﻋﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺁﻥ ﺁﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺗﺂﻭﻝ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ:ﻭﺟﺎﺀ ﺭﺑﻚ (ﺍﻟﻔﺠﺮ٢٢)، ﺁﻧﻪ ﺟﺎﺀ ﺛﻮﺍﺑﻪ-ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ:ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﻨﺪ ﻻ ﻏﺒﺎﺭ ﻋﻠﻴﻪ :
:Dan telah Meriwayatkan Albaehaqi dari Alhakim dari Abi amr ibnu samak dari Hambal: sesungguhnya Imam ahmad bin hambal mentakwil firman allah (ﻭﺟﺎﺀ ﺭﺑﻚ QS ALFAJR 22): Telah datang tuhanmu' DI TAKWIL dengan ﺟﺎﺀ ﺛﻮﺍﺑﻪ : telah datang 'balasan' tuhanmu. Dan berkata Albaihaqi: sanad ini tdk ada debu sedikit pun (soheh) (al bidayah wa nihayah kary a ibnu katsir 10/354)
ﻣﺎ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﺗﺂﻭﻳﻠﻪ ﻛﮕﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ (ﻭﺟﺎﺀ ﺭﺑﻚ) ﺁﻯ ﺟﺎﺀ ﺁﻣﺮﻩ ﻭ ﻗﺪﺭﺗﻪ، ﻗﺎﻝ ﺍﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ :ﻭﺁﻧﻤﺎ ﺻﺮﻓﻪ ﺍﻟﻲ ﺫﺍﻟﻚ ﺁﺩﻟﺔ ﺍﻟﻌﻘﻞ ﻓﺂﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻻﻧﺘﻘﺎﻝ
ﺛﺒﺖ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺘﺂﻭﻳﻞ ﻋﻦ ﺍﻵﻣﺎﻡ ﺍﺣﻤﺪ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻈﺎﻫﺮ ﺍﻟﻤﺠﺴﻤﺔ ﺑﺎﻵﻧﺘﺴﺎﺏ ﺁﻟﻴﻪ،ﺩﺑﺎﻵﺱﻧﺎ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﻣﻨﺎﻗﺐ ﺍﻣﺎﻡ ﺁﺣﻤﺪ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ
(ﻣﺨﻄﻮﻁ)ﻭ ﻗﺪ ﻧﻘﻠﻬﺎ ﺁﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﺍﻳﺔ ﻭﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ﺑﺴﻨﺪ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺁﺣﻤﺪ
:Diantara yg mesti ditakwil adalah seperti firman allah; ﻭﺟﺎﺀ ﺭﺑﻚ،ﺍﻱ ﺟﺎﺀ ﺁﻣﺮﻩ ﻭ ﻗﺪﺭﺗﻪ- : telah datang robmu, yakni telah datang urusan dan kekuasaanNYA, dan berkata Imam Ahmad: Dan sesungguhnya dipalingkan lafad tersebut kepada takwil karena qorinah dalil secara akal bahwa sesungguhnya Allah tdk bersifat pindah pindah (karena perpindahan adalah sifat jisim)' Telah tetap takwil ini dari imam Ahmad yg secara terang terangan kaum mujasimah menisbatkan diri pada Beliau, Riwayat diatas sanadnya soheh dalam ktb manaqib imam ahmad manuskrip karya alhafid albaihaqi,juga telah dinuqil oleb ibnu kasir dlm albidayah wan nihayah dgn sanad Imam albaihaqi yang shohih dari imam ahmad (daf'u syubha tasybih- karya alhafid abul faroh ibnul jauzi alhambali hal 110)
- berkata ad dzahabi dlm ktb syiar alam nubala 13/52: maksud Hanbal yg menerima dari imam ahmad adalah hambal bin ishaq bin hambal bin hilal seorang yg hafid dan muhadis yg jujur,beliau kponakan imam ahmad dan juga muridnya beliau.
- dan berkata al khotibi: beliau [hambal] adalah Tsiqoh dan tsabit, beliau menerima banyak riwayat dari imam ahmad.
Telah menuqil abil fadhl at tamimi dlm ktbnya (i'tiqod imam ahmad 38-39) dari imam ahmad ssungguhnya beliau berkata:
ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﻳﻠﺤﻘﻪ ﺗﻐﻴﺮ ﻭﻻ ﺗﺒﺪﻝ ﻭﻻ ﻳﻠﺤﻘﻪ ﺍﻟﺤﺪﻭﺩ ﻗﺒﻞ ﺧﻠﻖ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻭﻻ ﺑﻌﺪ ﺧﻠﻖ ﺍﻟﻌﺮﺵ، ﻳﻨﻜﺮ ﻋﻠﻲ ﻣﻦ ﻭﻛﺎﻥ
ﺁﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﻜﺎﻥ ﺑﺬﺍﺗﻪ ﻵﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻻﻣﻜﻨﺔ ﻛﻠﻬﺎ ﻣﺤﺪﻭﺩﺓ
:Dan allah tdk terkena perobahan atau pun pergantian, dan tdk terikat batas sebelum mencipta arasy atau pun sesudah menciptanya .berkata pula abul fadhl: dan beliau INKAR TERHADAP ORANG YG BERKATA ALLAH ADA DI TEMPAT mana pun secara DZATNYA, KARENA SEMUA TEMPAT TERIKAT BATASAN (I'TIQAD IMAM AHMAD 38-39)
BERKATA ABUL FADHL AT TAMIMI PEMIMPIN MADHAB HAMBALI DI BAGDAD DALAM KTB I'TIQAD IMAM AHMAD HAL 45 :DARI IMAM AHMAD, BELIAU INKAR TERHADAP ORANG YG BERKATA BAHWA ALLAH ITU JISIM/ MATERI, DAN BELIAU BERKATA BAHWA ASMA DAN SIFAT ALLAH DIAMBIL DARI SYARIAT DAN JUGA DI AMBIL DARI LUGOT (BAHASA), DAN AHLI LUGOT MENSIFATI ALLAH DENGAN ASMANYA SECARA MAKNA UKURAN DAN PANJANG, LEBAR, TEMPAT DAN TERSUSUN (TARKIB), RUPA DAN KETERKAITAN, PADAHAL ALLAH TDK SEPERTI ITU, MAKA TIDAK BOLEH MENAMAI DENGAN KEJISIMAN DAN TIDAK BERLAKU DALAM SYARIAT HAL TERSEBUT. JUGA PERKATAAN INI DI NUQIL OLEH ALHAFID ALBAEHAQI DALAM KITAB MANAQIB IMAM AHMAD HAL 42.
JADI KESIMPULANNYA IBNU TAI-MIYAH ROHIMAHULLAH BERDUSTA MANING..!
JAZALLOHU AN IMAM AHMAD WA AN NABIYINA MUHAMAD SAW MA HUWA AHLUH..AMIIN..
DiNuqilkan Oleh : Bagus Rangin ~ Kertajati-Majalengka

Posting Komentar
Jangan lupa Tulis Saran atau Komentar Anda