tag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post3447373425091991589..comments2024-02-25T11:22:40.596+07:00Comments on SINGKIRKAN KEPALSUAN: Maksud Menjadikan Kuburan Sebagai MasjidBagus Ranginhttp://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comBlogger11125tag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-85044666370689900852013-04-16T02:07:07.818+07:002013-04-16T02:07:07.818+07:00heheheh apa ente ga baca dalam hadis paling atas d...heheheh apa ente ga baca dalam hadis paling atas di noote: Daripada aisyah r.a "Laknat Allah kepada orang Yahudi dan Nasrani yang menjadikan kuburan Nabi mereka sebagai masjid" (Riwayat bukhari dan muslim)???? emang disana rasul menyebut masjid,ko malah bawa hadis yg isinya hampir sama: "Sesungguhnya Ummu Habibah dan Ummu Salamah menyebutkan tentang sebuah GEREJA yang mereka berdua lihat di negeri Habasyah, pada GEREJA tersebut ada gambar-gambar, maka mereka berduapun menceritakan hal ini kepada Nabi . Maka Nabi berkata : "Sesungguhnya mereka itu jika ada seorang yang sholeh di antara mereka lalu orang sholeh tersebut meninggal maka mereka membangun di atas kuburannya MASJID, lalu mereka menggambar gambar-gambar tersebut pada MASJID tersebut, <br /><br />maka koment anda dah terjawab sebagaimana penyebutan masjid pleh rasul dalam hadis paling atas di note :D SILAHKAN baca semuanya n fahami bantahannnya di atasBagus Ranginhttps://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-57371739916311148362013-04-12T14:41:12.994+07:002013-04-12T14:41:12.994+07:00Di artikel tertulis: "Lebih jelas lagi, dalam...Di artikel tertulis: "Lebih jelas lagi, dalam hadis tersebut, Rasulullah s.a.w. menggunakan perkataan: "membangun masjid". Secara jelas, orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak pernah menamakan tempat ibadah mereka sebagai masjid. dalam Al-Qur'an di sebutkan bahwa tempat ibadah yahudi dan nasrani iaitu "sowa'iq" dan sebagainya. Tempat ibadah Orang-orang Nasrani bukan masjid, tetapi kanisah (gereja). Hanya orang-orang jahil saja yang tidak faham isyarat Rasulullah s.a.w. dalam hadis tersebut, lalu cepat melatah."<br /><br />Komentar: Memang benar orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak pernah menamakan tempat ibadah mereka sebagai masjid, melainkan sinagog atau gereja atau apalah namanya. Akan tetapi:<br />[1] Pada kenyataannya Rasulullah menyatakan dengan lafadh jazm (pasti) dan bukan lafadh-lafadh tamridh, yakni bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani memang "membangun masjid". Apakah Rasulullah tidak tahu bahwa mereka membangun Sinagog dan Gereja? Bukan masjid?<br />Pastinya Rasulullah tahu yang mereka bangun adalah Sinagog dan Gereja; bukan Masjid!!! <br />Jadi kenapa Nabi SAW tetap menggunakan lafad 'masjid"? Penjelasannya haruslah dibawa kepada makna fungsi yakni "tempat peribadatan"; apapun namanya! <br />Ini dikuatkan dengan hadits berikut, dimana Rasulullah tahu negeri Habasyah negeri Nasrani dan pasti di sana berdiri banyak gereja, tapi Rasulullah tetap menggunakan lafadh "Masjid". Perhatikan: <br /> أَنَّ أُمَّ حَبِيْبَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ ذَكَرَتَا كَنِيْسَةً رَأَيْنَهَا بِالْحَبَشَةِ فِيْهَا تَصَاوِيْرُ فَذَكَرَتَا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : إِنَّ أُولَئِكَ إِذَا كَانَ فِيْهِمْ الرَّجُلُ الصَّالِحُ فَمَاتَ بَنَوْا عَلَى قَبْرِهِ مَسْجِدًا وَصَوَّرُوْا فِيْهِ تِلْكَ الصُّوَرَ فَأُوْلَئِكَ شِرَارُ الْخَلْقِ عِنْدَ اللهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ<br />"Sesungguhnya Ummu Habibah dan Ummu Salamah menyebutkan tentang sebuah GEREJA yang mereka berdua lihat di negeri Habasyah, pada GEREJA tersebut ada gambar-gambar, maka mereka berduapun menceritakan hal ini kepada Nabi . Maka Nabi berkata : "Sesungguhnya mereka itu jika ada seorang yang sholeh di antara mereka lalu orang sholeh tersebut meninggal maka mereka membangun di atas kuburannya MASJID, lalu mereka menggambar gambar-gambar tersebut pada MASJID tersebut, maka mereka adalah orang-orang yang terburuk di sisi Allah pada hari kiamat." (HR Al-Bukhari no 427 dan Muslim no 528).<br /><br />Jadi makna masjid di sini adalah "tempat peribadatan"; apapun namanya!<br />Dan nyata di hadapan kita, gereja-gereja di Eropa Timur dan Barat dipenuhi dg kuburan santa dan pastor di dalamnya! Termasuk di Gereja Basilika Vatikan!Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/03583277102407943332noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-41955431151236981092012-10-22T08:06:39.781+07:002012-10-22T08:06:39.781+07:00Jelas, tuduhan anda semacam ini juga pernah di lak...Jelas, tuduhan anda semacam ini juga pernah di lakukan oleh mereka yang hasad dengan ulamak besar lebih-lebih lagi yang keturunan Rasulullah s.a.w. yang dikenali dengan (al-Bayt). Imam Syafi'ie pernah difitnah dengan syiah sehingga beliau melantunkan syairnya yang terkenal berbunyi: <br /><br />"Seandainya cinta kepada keluarga Nabi Muhammad s.a.w. dianggap Rafidah, maka saksikanlah wahai jin dan manusia bahwa aku seorang Rafidhah". (Diwan Imam al-Syaf i, tahqiq Dr Abdul Mun' im al-Khofaji hal 89, lihatjuga pada halaman 75,106,126) <br /><br />Imam al-Nasa'ie juga memilik nasib yang serupa bahkan lebih keras tuduhammya yang tidak benar dilemparkan kepada beliau baik secara moral maupun keilmuan. Beliau juga dituduh syiah oleh Ibn Taimiyah, al-Zahabi, Ibn Khaliqan dll. Jika benar tuduhan ini ia membuatkan Sunan beliau tertolak dan inilah yang dikatakan salah satu daripada khazanah Imam ahli sunnah dirobohkan. <br />Bagus Ranginhttps://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-83331745802347901532012-10-22T08:04:20.031+07:002012-10-22T08:04:20.031+07:00hehehee selalu saja ketika berbicara qubur maka wa...hehehee selalu saja ketika berbicara qubur maka wahabi nuduh syiah..jika menurut hukum boleh,maka ga masalah sama dgn syiah ataupun kafir...kalau kata anda 85% persen syiah di indo itu nu ya wajar wong di indo nu terbesar,dan yg lagi di grogoti juga nu apakah oleh wahabi atau syiah...akan lain cerita jika di saudi yg mayoritas wahabi...ketika ada yang masuk syiah pasti 75 % wahabi..hehehhe<br /><br />Sayang, sikap anda yang cuba menyatakan pententangan kami terhadap wahab dan Ibn Taimiyyah digambarkan sebagai pelampau dan pendukung kepada faham Syiah. apakah cuma wahab dan Ibn Taimiyyah sahaja yang memperjuangkan ahli sunnah dan menolak syiah. Ataupun , ulamak lain tidak mempunyai jasa menentang hujah Syiah. <br /><br />Ketahuilah dengan mengkritik atau menolak pendapat Ibn Taimiyyah bukan berarti seseorang itu penganut Syiah. Jika anda tetap dengan teori buta ini, bererti anda menghukum siapa saja yang bertentangan pendapat dengan Ibn Taimiyyah dianggap sebagai Syiah. Berapa banyak ulamak yang disyiahkan oleh saudara akibat faham saudara yang keliru dengan makna 'syiah'Bagus Ranginhttps://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-18385741392033301592012-10-22T04:00:18.435+07:002012-10-22T04:00:18.435+07:00Awas lho saudaraku Qultu jangan terlalu serius mem...Awas lho saudaraku Qultu jangan terlalu serius memaknai kubur, sejak banyak teman2 dari NU yg beralih ke Syi'ah, saya pribadi sbg keturunan dari kakek2ku yg fanatik NU tp sejak sekarang saya membatasi diri terkait dgn hal2 syariah kedekatan dgn kuburan walaupun blm menolak sepenuhnya untuk tidak dikaitkan sesuatunya dgn kubur. Karena rata2 teman2 dari Nahdiyyin yg beralih keyakinan masuk ke Syi'ah krn adanya kedekatan pemahaman kita terkait kubur dgn orang2 syi'ah, walaupun kita tdk seperti mrk yg langsung menyembah kubur tapi krn kita nyerempet2 ke kubur makanya kaum syi'ah di NKRI hampir 85% berasal dari kalangan Nahdiyin. Karena bgt liciknya Syi'ah sehingga sngt mudah mereka cuci otak2 kita dgn nalar2 kubur yg bagi mrk sdh tdk terlalu sulit lagi untuk menjerumuskan kita dgn pemikirannya terkait kedekatan dgn kubur krn mrk menganggap kita sdh mempunyai dasar yg bahkan lebih, walau bukan krn masalah ini saja mrk mudah menularkan virus krn msh banyak virus2 ganasnya termasuk mut'ah dan iming2 kebutuhan hidup dan bea siswa ke Iran. Kalau kita mau berdebat dgn wahabi berdebatlah masalah2 lain saja, asal jangan lagi terkait kuburan krn rawan syi'ah bro. Maaf ini hanya saran saja buat bog/situs anda yg bagus ini. Wallahu'alam bish shawwaab.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/03142353147777914417noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-36107594755218418202012-10-19T06:49:57.641+07:002012-10-19T06:49:57.641+07:00melihat hadis dan ayat tentang itu mesti menyeluru...melihat hadis dan ayat tentang itu mesti menyeluruh dan dgn kaidah kaidah usul fiqh yg sohih supaya dapat menyimpulkan hukun dengan benar....<br />Berapa banyak orang yang hanya pandai menukil nas-nas hadis tetapi tidak faham maksudnya. Ini satu penyakit yang amat mencemarkan umat Islam. <br /><br />Sudahlah femahaman dari hadis pun dah salah, lepas tu menyalahkan orang dengan hadis yang sudah disalah fahami tersebut? Masya Allah...<br /><br />Kalaulah kehebatan orang itu pada nukilan-nukilan hadis semata-mata, tanpa faman yang sebenar menurut jumhur ulama' Islam, maka komputer lebih alim dan hebat dari manusia...Wallahu a'lam...Bagus Ranginhttps://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-76487014449348465582012-10-19T06:47:25.910+07:002012-10-19T06:47:25.910+07:00Janganlah buruk sangka. Dalam gambar itu tidakpun ...Janganlah buruk sangka. Dalam gambar itu tidakpun menunjukkan mereka yang menziarahi kubur tersebut membangun tempat ibadah seperti yang saudara sangka,lalu menghentam mereka dengan hadis yang saudara sendiri tidak faham. Dua-dua tak kena. <br /><br />Mereka (dalam gambar tersebut) sekadar ziarah kubur, dan menghadiahkan doa kepada si mati. Hal ini ada dalam Sunnah (mendoakan si mati). Kalau tak tahu hadisnya, belajarlah lebih lagi ya. Kalau orang jahil yang ingin belajar dan terbuka, insya Allah akan dibantu Allah s.w.t..<br /><br />Kalau orang jahil tetapi ta'asub, awal-awal lagi dah bermasalah. Hanya Allah s.w.t. sajalah yang Maha Memberi petunjuk kepada mereka. Kami doakan agar Allah s.w.t. memberi hidayah kepada orang-orang tersebut, Amin...Bagus Ranginhttps://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-35640240557067331452012-10-19T06:43:10.401+07:002012-10-19T06:43:10.401+07:00anda sepertinya ga baca artikel di atas dengan tun...anda sepertinya ga baca artikel di atas dengan tuntas,kenapa nabi tdk di kubur di mesjid,dah di jelaskan di artikel:<br /><br />diriwayatkan imam Malik ibn Anas r.a beliau berkata: orang-orang berkata sebaiknya nabi di kubur di samping MIMBAR,sedangkan yang lain berkata di kubur di BAQI saja,tiba-tiba Sayyidina Abu bakar As siddiqh datang dan seraya berkata: aku mendengar nabi SAW bersabda tidak di kubur seorang nabi melainkan ditempat dimana ia meninggal ……pada akihrnya nabi pun di kebumikan di tempat itu (Kamar aisyah r.ha). (kitab Al muatto’ juz 1 haaman 231).<br /><br />Wajah istidlal dari hadits di atas adalah:<br /><br />1. bahwa para shohabat Nabi SAW mengusulkan bahwa hendaknya Nabi SAW di kebumikan di samping mimbar dimana mimbar tersebut bagian dari dalam masjid nabawi,dan usulan ini tidak diingkari oleh serang shohabat pun.<br />2.Sayyidina Abu bakar r.a tidak menyetujui usulan ini BUKAN KARENA KEHARAMAN MENGUBUR NABI SAW DI DALAM MASJID,namun karena beliau menyesuaikan sendiri dengan perintah Nabi SAW untuk di kebumikannya ditempat dimana beliau meninggal.<br /><br />3 siti aisyah salat di rumah dimana nabi di kubur....<br /><br />silahkan anda bandingkan penjelasan di atas dgn penjelasan wahabiBagus Ranginhttps://www.blogger.com/profile/05112017673970320632noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-54568308794793345032012-10-17T21:01:53.667+07:002012-10-17T21:01:53.667+07:00nih bantahannya:
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2...nih bantahannya:<br />http://abul-jauzaa.blogspot.com/2012/02/membangun-kubur-adalah-larangan-nabi.html<br /><br />http://abul-jauzaa.blogspot.com/2009/10/dialog-bersama-pecinta-kubur.html<br /><br />(harap ditampilkan ya ustad, supaya umat gak tersesat)Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12998448692551394731noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-81368708328158889342012-10-17T20:59:12.956+07:002012-10-17T20:59:12.956+07:00kenapa ya Nabi kok gak meminta dikuburkan di masji...kenapa ya Nabi kok gak meminta dikuburkan di masjid,, padahal kan masjid tempat yg mulia,, mungkin supaya kaum muslim ke rumah Allah hanya "berkomunikasi" kepada-Nya, dan tidak melakukan yg "lain2" di masjid. seperti foto umat quburiyyun diatas..<br /><br />oya ustad, gmn tentang pembahasan bagus tentang "skakmat!" ttg quburiyyun di blog ini:<br /><br />http://abul-jauzaa.blogspot.com/2012/02/membangun-kubur-adalah-larangan-nabi.html<br /><br />(harap ditampilkan ya ustad, supaya yg lain bisa membaca juga)<br /><br /><br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12998448692551394731noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3879268506229783683.post-63632204716118404942012-10-07T19:06:50.753+07:002012-10-07T19:06:50.753+07:00subhanallah,inilah keterangan hadis nabi yg melara...subhanallah,inilah keterangan hadis nabi yg melarang membangun masjid dekat qubur,jd hilanglah penasaran saya waktu nyimak di fb,,,trima kasih pencerahannya.dan izin copas ustadz untuk bahan bacaan dan renungan saya supaya menambah ilmu di hati saya yg awam tentang dalil2 dan amalan yg biasa di lakukan keluarga saya. wassalam,,,ahmadhttps://www.blogger.com/profile/09901353814490460445noreply@blogger.com